Point, Score, Mark, Grade: Apa Bedanya?

By | May 31, 2016

Keempat kata ini saling berkaitan. Point dan score berkaitan erat. Kata mark dan grade mempunyai kemiripan makna. Hanya saja, mark sebagai kata benda hampir-hampir tak pernah digunakan di Amerika Serikat, dan lebih lazim dipakai di Inggris.

POINT

Kata ini mengacu pada bobot yang diberikan oleh guru untuk masing-masing butir soal. Misalnya, seorang guru sejarah memberikan ulangan harian yang terdiri dari 5 soal uraian. No 1 dan 2 masing-masing mempunyai bobot 5 poin. No 3 berbobot 10. No 4 dan 5 masing-masing berbobot 15 poin. Jika seorang siswa mampu menjawab seluruh pertanyaan dengan sempurna, ia mengumpulkan 50 poin. Jumlah poin ini akan digunakan sebagai dasar untuk menentukan score satu ulangan harian atau tugas tertentu.

SCORE

Yang disebut score adalah jumlah total poin yang diperoleh untuk satu tes atau ulangan harian. Misalnya, total poin ulangan harian bidang studi Sejarah yang diperoleh seorang siswa adalah 48. Nyaris sempurna untuk score maksimum 50. Kata ini juga bisa berfungsi sebagai kata kerja. Coba perhatikan kalimat berikut:

  • I scored 40 points on the history test. – Saya mendapat 40 poin pada ulangan sejarah.

MARK

Entah kenapa kata ini nyaris tidak pernah digunakan oleh penutur asli American English, dan lebih lazim digunakan dalam British English. Menurut kamus online Cambridge Dictionary, kata ini berarti nilai yang diperoleh siswa yang menggambarkan kualitas pekerjaan siswa di satu pekerjaan rumah, tugas, atau ulangan harian, atau bahkan nilai sumatif sebagai kesimpulan akhir setelah siswa mengumpulkan beberapa nilai untuk satu mata pelajaran atau mata kuliah.

Nilai yang dimaksud di sini bisa berupa angka atau huruf, tergantung sistem penilaian yang digunakan. Nilai ini tentu dibuat berdasarkan score yang diperoleh. Misalnya, dengan perolehan score 1-10 siswa memperoleh nilai 20, score 11-15 siswa memperoleh nilai 30, 16 – 20 nilai 40, 21-25 nilai 50, 26-30 nilai 60, 31-35 nilai 70, 36-40 nilai 80, 41-45 nilai 90, 46-50 nilai 100. Nilai-nilai ini bisa juga dalam bentuk huruf A, B, C dan seterusnya.

GRADE

Kata grade mempunyai pengertian yang sama dengan mark, hanya kata ini lazim digunakan dalam American English.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *