Pocket Money vs Allowance: Beda Atau Sama?

By | July 22, 2017

Sobat pembaca, kali ini kita akan membahas dua istilah: pocket money dan allowance. Kedua ungkapan tersebut sama-sama mengacu pada sejumlah uang yang diberikan oleh orang tua kepada anak. Dalam bahasa Indonesia disebut uang saku. Istilah pocket money lebih lazim dipakai dalam British English sementara kata allowance lebih lazim dipakai dalam American English. Tetapi, ternyata dalam American English frasa pocket money inipun digunakan, meskipun ada perbedaan pengertian dengan kata allowance. Mari kita bahas satu per satu.

POCKET MONEY

Frasa ini digunakan baik dalam British English maupun American English, dan sering diartikan uang saku atau uang jajan. Istilah ini merujuk pada sejumlah uang yang diberikan oleh orang tua kepada anak. Lazimnya, jumlah uangnya tidak banyak, dan seandainya dibelanjakan, biasanya hanya untuk hal-hal atau keperluan-keperluan kecil.

Di Inggris, istilah ini biasanya dipakai untuk menyebut uang saku yang diberikan orang tua kepada anak untuk periode waktu tertentu (lazimnya per minggu), misalnya £8 per minggu. Di Amerika Serikat juga dikenal istilah ini, dan sama-sama merujuk pada apa yang disebut sebagai uang saku. Tetapi, dalam American English istilah ini mempunyai pengertian sedikit berbeda.

Maksudnya begini. Ketika seorang anak mau jalan-jalan bersama teman ke pasar malam, dan orang tua memberikan sejumlah uang untuk jaga-jaga jika perlu membeli sesuatu, entah makanan atau minuman, sejumlah uang ini bisa disebut dengan istilah ini di American English. Atau waktu orang tua memberi anak sejumlah uang saku untuk ke sekolah, istilah ini juga bisa digunakan.

Intinya, yang disebut pocket money itu biasanya jumlahnya kecil dan diberikan kepada anak oleh orang tua dalam situasi-situasi tertentu seperti dicontohkan di atas.

ALLOWANCE

Nah, kata ini lebih lazim digunakan dalam American English. Kata ini juga berarti uang saku. Dalam American English, kata ini mempunyai pengertian yang sama dengan apa yang biasa dalam konteks Inggris disebut pocket money, yakni uang saku yang diberikan ke anak untuk periode waktu tertentu, biasanya mingguan. Dan, dalam pengertian ini allowance biasa dipakai untuk mengajari anak supaya bisa mengatur uang.

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *