Pleasant vs Pleasing: Bedanya Apa?

By | April 8, 2017

Sobat pembaca setia, kali ini topik bahasan kita adalah dua ajektiva dalam bahasa Inggris, pleasant dan pleasing. Dua-duanya bisa diartikan ‘menyenangkan’ dalam bahasa Indonesia. Sedikit membingungkan memang. Dalam banyak konteks, kata pertama lebih lazim dan lebih banyak digunakan. Secara umum, kata pleasant dipakai ketika sobat berbicara tentang kualitas menyenangkan yang dipunyai seseorang atau sesuatu secara natural, sementara pleasing lebih menunjukkan hasil dari apa yang sobat lakukan. Mari kita bahas masing-masing kata.

PLEASANT

Kata ini lebih banyak digunakan ketimbang pleasing.  Dalam banyak kasus, penutur asli lebih memilih kata ini. Menurut kamus online Cambridge Dictionary, kata ini berarti ‘enjoyable, attractive, friendly, easy to like‘ – menyenangkan, menarik, menawan, ramah, mudah disukai. Penutur asli menggunakan ini untuk mendeskripsikan nomina atau kata benda yang mempunyai kualitas-kualitas sebagaimana disebutkan dalam kamus tersebut.

Penutur asli secara natural akan menggunakan kata ini ketika mereka berbicara tentang sesuatu yang terjadi secara alami atau natural, atau ketika mereka sedang berbicara tentang kualitas menyenangkan yang secara natural ada atau dipunyai seseorang atau sesuatu. Misalnya, ketika mereka menggambarkan angin sepoi, iklim, mimpi, sore hari atau malam yang menyenangkan, atau senyum yang menawan, kepribadian yang menyenangkan, penutur asli akan menggunakan kata ini. Berikut adalah beberapa contoh kalimatnya:

  • What I love about her is her pleasant smile. – Yang saya suka tentangnya adalah senyumnya yang menawan.
  • He has a very pleasant personality. He is someone you feel comfortable with. – Ia mempunyai kepribadian yang menyenangkan. Ia adalah orang yang membuatmu nyaman bersamanya.
  • It was a pleasant evening. – Itu adalah malam yang menyenangkan.

PLEASING

Kata ini juga berarti menyenangkan. Penutur asli akan menggunakan ini ketika mereka berbicara tentang hasil dari apa yang terjadi, atau hasil dari apa yang sobat lakukan. Pendeknya, kata ini dipakai untuk merujuk pada hasil yang menyenangkan dari kejadian atau tindakan, dan BUKAN menunjukkan kualitas yang secara alami ditemukan dalam diri seseorang atau sesuatu.

Ketika sobat membaca berita atau mendengar kabar yang menyenangkan dari seseorang, sobat akan menggunakan kata ini karena berita atau kabar yang menyenangkan adalah hasil dari pekerjaan atau tindakan seseorang. Atau ketika sobat menerima rapor sekolah dan bagi sobat rapor itu menyenangkan, sobat akan menggunakan kata ini. Perhatikan kalimat-kalimat berikut:

  • She smiled, and it was pleasing. – Dia tersenyum, dan itu menyenangkan. Kata pleasing di sini menunjukkan HASIL dari tindakan tersenyum.
  • I have worked so hard this semester, and today I received a pleasing school report. – Saya telah bekerja dengan keras semester ini, dan hari ini saya menerima rapor yang ‘menyenangkan’ (dalam arti memuaskan).

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *