Place vs Site vs Venue vs Spot vs Location: Apa Ya Bedanya?

By | March 3, 2021

Lima nomina yang kita bahas kali ini mempunyai makna dasar yang sama, yaitu tempat. Mereka berbeda dalam konteks penggunaannya dan konotasi makna yang hendak ditekankan. Bisa dikatakan bahwa place adalah kata yang paling umum, sementara empat kata lainnya adalah jenis place yang lebih spesifik. Mari kita bahas satu per satu.

PLACE

Kata ini merujuk pada tempat dalam pengertian umum (general). Kita menggunakan kata ini ketika dalam benak kita tidak berpikir tentang fungsi tempat itu secara spesifik, dan tidak berpikir soal batas-batasnya. Entah itu tempat untuk tinggal, tempat untuk bermain, tempat bertemu, tempat untuk makan, dan lain-lain. Kita tidak mempedulikan fungsinya, kita hanya fokus pada fakta bahwa tempat-tempat tersebut adalah suatu lingkungan fisik. Titik.

Itu persis yang dikatakan kamus. Kamus online Merriem-Webster, misalnya, menyebutkan bahwa  nomina ini berarti ‘physical environment’ – lingkungan fisik. Praktis apapun bisa disebut place. Rumah itu tempat, jalan itu tempat, lapangan itu tempat, ladang itu tempat, gedung perkantoran itu tempat, pantai itu juga tempat dalam pengertian place sebagai lingkungan fisik.

Sobat bisa mengatakan “It’s a nice place” kalau sobat kebetulan berkunjung ke rumah teman dan merasa nyaman di tempat itu. Sobat bisa juga mengatakan “It’s a beautiful place” ketika tiba di pantai yang indah. Kalau sobat berada di sebuah restoran yang nyaman dengan makanan enak, sobat bisa menyebutnya sebagai tempat makan yang luar biasa. “It’s a great eating place“.

SITE

Bagaimana dengan kata site? Ya, site itu juga tempat, tetapi nomina ini merujuk pada suatu JENIS tempat dengan pengertian yang lebih sempit atau khusus, yaitu tanah lapang yang datar tempat bangunan berdiri atau dibangun, atau sebuah acara (event) berlangsung. Dalam kaitannya dengan bangunan, kata ini sering digunakan dalam konteks arkeologi tempat ditemukannya peninggalan-peninggalan kuno, dan dalam konteks yang lebih sempit ini, kata site sering diartikan situs. Kata site juga sering digunakan ketika berbicara tentang pembangunan atau pendirian bangunan-bangunan baru. Dalam kaitannya dengan penyelenggaraan suatu kegiatan (event), sebuah tempat penyelenggaraan kegiatan sering juga disebut site kalau tempatnya berupa area terbuka di atas tanah datar. Maka ada istilah-istilah archeological site, construction site, camp site, event site, historic site, dump site dan lain-lain.

Di jaman digital sekarang ini, sobat kiranya akrab dengan istilah website atau situs web, sebuah ‘tempat’ di dunia maya yang berisi informasi, meskipun kata website sekarang sering disingkat menjadi site saja. Jadi, sekali lagi kata site merujuk pada satu jenis tempat tertentu – tanah datar – dengan fungsi tertentu sebagaimana dijelaskan di paragraf sebelumnya.

Pertanyaannya, apakah kita bisa menggunakan kata place dalam konteks seperti ini? Secara teknis bisa, tetapi tidak lazim, karena di dalam kata site terkandung makna dan fungsi spesifik dari suatu tempat.

VENUE

Nomina ini juga berarti tempat. Sama seperti site, nomina ini juga merujuk pada tempat dengan fungsi spesifik. Kata venue selalu digunakan untuk menyebut tempat sebuah acara (event) diselenggarakan. Perlu digarisbawahi, beberapa orang menggunakan kata ini untuk merujuk pada tempat penyelenggaraan acara indoor (dalam ruangan) maupun outdoor (luar ruangan). Yang lain menggunakan nomina ini hanya untuk tempat penyelenggaraan acara  dengan struktur bangunan, sementara untuk menyebut tempat penyelenggaraan acara (event) luar ruangan, mereka menggunakan kata site, sebagaimana dijelaskan dalam bagian sebelumnya.

Maka, sobat pasti akrab juga dengan istilah-istilah conference venue, meeting venue, concert venue, performance venue, wedding venue, seminar venue, theater venue, dan lain-lain. Pertanyaannya, apakah kita bisa menggunakan kata place dalam konteks seperti ini? Secara teknis bisa, tetapi tidak lazim, karena di dalam kata venue terkandung makna dan fungsi spesifik dari suatu tempat.

SPOT

Yang khas dari kata ini adalah presisi atau keakuratannya. Dalam bahasa Indonesia kata spot bisa berarti titik. Kalau sobat menggunakan kata ini dalam pengertian tempat, bayangkan saja tempat itu seperti titik. Jadi, kata ini dipakai ketika sobat merujuk pada lokasi yang tepat atau persis dari sesuatu. Ketika sobat menggunakan kata ini, seolah-olah sobat bisa menunjuk lokasi atau area persisnya dari sesuatu.

Misalnya kalimat ini. “This is the spot where the victim’s body was found.” – Ini lah tempat persisnya mayat korban ditemukan. Sobat bisa menunjuk/mengidentifikasi secara tepat area/lokasinya. Ini contoh lain. “Can we meet at the same spot next to the cafe tonight?” – Apakah kita bisa bertemu di tempat yang sama? Kalimat ini secara tepat menggambarkan bagaimana kata spot seharusnya digunakan. Jelas ada makna presisi di situ. Sobat bisa menunjuk/mengidentifikasi secara tepat area/lokasinya. Contoh lain. “We are now at the spot where the film was shot“. – Kita sekarang berada di tempat film itu diambil. Dalam beberapa contoh dan konteks yang diberikan di sini kata spot sama dan bisa digantikan oleh kata location.

Kata spot juga digunakan untuk menyebut area yang secara jelas berbeda dari sekitarnya. Sobat bisa membayangkan memandang gunung dari kejauhan dan tampak di sana satu area gundul tanpa pohon. Nah, tempat yang seperti itu disebut spot. Ketika berarti area yang secara jelas berbeda dari area sekitarnya, kata ini TIDAK bisa digantikan oleh location.

LOCATION

Kamus online Collins menyebutkan bahwa kata location berarti tempat sesuatu terjadi atau berada/terletak. Definisi ini mengisyaratkan bahwa kata ini merujuk pada suatu tempat tertentu yang spesifik dan bisa diidentifikasi area persisnya. Jadi, mirip – jika tidak bisa disebut sama – dengan kata spot, dan oleh karena itu bisa menggantikan contoh-contoh kalimat yang diberikan sebagai contoh dalam penjelasan di atas. Beberapa kalimat ini bisa memberi penjelasan:

  • I think this is a great location for shooting the scene. – Saya kita ini lokasi yang bagus untuk syuting adegan itu.
  • It is possible to find the exact location of a place on Earth. – Menemukan lokasi persisnya dari suatu tempat di bumi itu mungkin dilakukan.

Dalam banyak kasus, kata location, spot dan bahkan place bisa saling menggantikan. Barangkali kebiasaan menggunakan kata tertentu dalam konteks tertentu juga menentukan apakah kata-kata di atas bisa saling menggantikan atau tidak. Coba perhatikan kalimat/frasa berikut:

  • Tourist spot/site = tempat wisata. Tourist place (incorrect)
  • This is a great location for your business (correct). This is a great spot for your business. (incorrect). This is a great place your business (incorrect).
  • Can you send me your current location, please? (correct). Can you send me your current spot, please? (incorrect). Can you send me your current place/site, please? (incorrect)
  • This is the spot/location where the victim’s body was found.
  • His exact location is unknown (correct). His exact spot is unknown. (incorrect)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Warning: Illegal string offset 'subject' in /home/englishf/public_html/wp-content/plugins/spamlord/spamlord.php on line 86