Site icon englishforsma.com

Perhaps vs Maybe vs Probably

Sobat pembaca, englishforsma.com menyapa kembali sobat semua dengan topik baru: perhaps, maybe, dan probably. Ketiga kata ini masuk dalam kategori adverb, yakni kata yang menerangkan kata kerja, dan dalam bahasa Indonesia sering diartikan mungkin. Dua kata pertama bisa saling menggantikan dalam banyak situasi, meskipun dalam situasi tertentu tidak. Kata ketiga berbeda dari dua yang pertama dalam hal tingkat kemungkinan.

PERHAPS/MAYBE

Dua kata ini diartikan mungkin. Menurut http://dictionary.cambridge.org/us/grammar/british-grammar/maybe-or-perhaps, kata-kata ini digunakan untuk mengatakan bahwa sesuatu mungkin terjadi tetapi kita tidak yakin. Tingkat keyakinannya hanya sekitar 40% – 60% saja.

Kata perhaps biasa diletakkan di awal, tengah, atau akhir kalimat. Sementara maybe  diletakkan di awal atau akhir kalimat. Maka, kedua kata ini bisa saling menggantikan ketika diletakkan di awal dan di akhir. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

Tetapi, hanya perhaps yang bisa digunakan di tengah kalimat, dan TIDAK bisa digantikan oleh maybe.

Perhaps dianggap netral, artinya bisa digunakan dalam situasi informal maupun formal, sementara maybe sering digunakan dalam situasi informal sehingga lebih banyak dipakai dalam percakapan antar teman dan anggota keluarga. Selain itu, sobat silakan gunakan perhaps jika sobat ingin terdengar lebih sopan. Ada satu kata lagi yang artinya sama, tetapi sedikit lebih formal dari dua kata lainnya, yakni possibly.

PROBABLY

Nah, bagaimana dengan probably?  Kata ini juga masuk dalam kategori adverb, dan diartikan mungkin. Sobat silakan gunakan kata ini jika sobat yakin dengan yang sobat katakan.

Semoga membantu.

Exit mobile version