Perbedaan Wake Up dan Get Up

By | September 12, 2016

Sobat pembaca setia englishforsma.com, topik kita kali ini adalah dua phrasal verb yang sering membingungkan: wake up dan get up, terutama bagi sobat yang baru saja belajar bahasa Inggris. Dua phrasal verb ini dalam bahasa Indonesia sering diterjemahkan bangun tidur. Tetapi sebenarnya, keduanya mempunyai makna yang berbeda.

Phrasal verb adalah kata kerja plus preposisi atau adverb yang membentuk arti sendiri berbeda dari kata kerja aslinya. Bentuk past tense dan past participle masing-masing phrasal verb tersebut adalah woke up dan got up.

WAKE UP

Phrasal verb ini berarti bangun tidur dalam pengertian sudah terjaga, tak lagi dalam keadaan tidur, barangkali mata sudah melek, dan sobat sudah bisa mendengar suara-suara yang masuk ke indera pendengaran, tetapi sobat masih berbaring atau mungkin dalam posisi duduk, dan belum beranjak turun dari tempat tidur.

Bayangkan sobat terbangun karena bunyi alarm, sobat terjaga, tetapi masih berada di tempat tidur. Itulah bangun tidur yang disebut wake up. Coba perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • I was trying to wake her up so that we could go to the beach. – Saya mencoba membangunkannya (dari tidur) supaya kami bisa pergi ke pantai.
  • She woke up when she heard the alarm, then she fell asleep again. – Dia terbangun waktu mendengar bunyi alarm, kemudian tertidur lagi.

GET UP

Phrasal verb ini berarti bangun tidur dalam pengertian turun dari tempat tidur. Jadi, ini yang normalnya sobat lakukan setelah sobat wake up. Bisa saja sobat bangun tidur dalam arti terjaga pukul 5.00 pagi, tetapi tidak turun dari tempat tidur sampai pukul 6.00. Coba sobat perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • She woke up at 5.00, but she didn’t get up until 6.00. – Dia bangun pukul 5.00 tetapi tidak turun dari tempat tidur sampai pukul 6.00.
  • He got up and went into the bathroom to take a shower. – Dia bangun (turun dari tempat tidur) dan pergi ke kamar mandi untuk mandi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Warning: Illegal string offset 'subject' in /home/englishf/public_html/wp-content/plugins/spamlord/spamlord.php on line 86