Perbedaan Under, Underneath, dan Below

By | November 9, 2015

Tiga kata ini, under, underneath, dan below acap kali membingungkan. Ketiganya berarti di bawah dalam bahasa Indonesia. Kendati sama-sama berarti di bawah, ketiganya digunakan secara berbeda.

Under

Kata ini digunakan untuk mengatakan bahwa sesuatu berada langsung/persis di bawah sesuatu yang lain. Bayangkan sobat pembaca kehilangan kunci motor, dan secara tidak sengaja menemukannya di bawah kolong tempat tidur. Kalimat bahasa Inggris yang tepat untuk menggambarkan situasi ini adalah,

  • I found the key under the bed.- Saya menemukan kunci itu di bawah tempat tidur.
  • Kata below dan underneath tidak bisa digunakan untuk menggantikan kata under. Berikut adalah beberapa contoh kalimat lain:
  • I found my dog sleeping under the tree. – Saya dapati anjing saya tidur di bawah pohon.
  • We all live under the same sky. – Kita semua hidup di bawah langit yang sama.

Underneath

Untuk memahami penggunaan kata underneath, coba sobat pembaca bayangkan menemukan kunci yang hilang itu tadi, tidak di bawah tempat tidur, tetapi di bawah bantal sofa (cushion).

  • I found the key underneath the floral cushion. – Saya temukan kunci itu di bawah bantal sofa.

Yang dimaksud ‘di bawah’ di sini tentu sangat berbeda dengan makna under. Antara kunci dengan bantal sofa hampir-hampir tidak ada ruang lagi karena letak keduanya sangat berdekatan, bahkan hampir menempel satu sama lain. Berbeda dengan anjing yang tidur di bawah pohon dalam contoh kalimat di atas. Antara anjing dan pohon ada banyak ruang memisahkan keduanya. Berikut adalah satu contoh lain:

  • I hid the letter underneath a pile of T-shirts. – Saya sembunyikan surat itu di bawah tumpukan kaos.

Below

Makna ‘di bawah’ dari kata ini sangat berbeda. ‘Di bawah’ di sini berarti berada di tempat yang lebih rendah dari yang lain, dan bukan persis di bawahnya langsung. Contoh berikut ini bisa memperjelas:

  • The climbers camped several hundreds below the top of the mountain. – Para pendaki berkemah beberapa ratus meter di bawah puncak gunung.
  • The sun is disappearing below the horizon. Matahari menghilang di bawah cakrawala.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *