Perbedaan Storm, Tornado, Twister

By | February 21, 2016

Sobat pembaca, topik bahasan kita kali ini adalah 3 istilah yang saling berkaitan: storm, tornado, twister. Keterkaitan di antara ketiganya terletak pada fakta bahwa tornado – yang juga sering disebut twister – adalah jenis storm.

STORM

Kata ini  biasa diartikan sebagai badai dalam bahasa Indonesia. Kata ini  mengacu pada segala bentuk kondisi cuaca ekstrim yang terjadi di atmosfir.

Menurut kamus online http://www.thefreedictionary.com, storm adalah segala bentuk gangguan atmosfir ekstrim yang sering ditandai dengan angin kencang dan guntur. Kata ini mempunyai cakupan makna yang luas, termasuk di dalamnya lightning storm (badai petir) atau thunderstorm (badai guntur)  dan tornado atau twister.

Jadi, kata ini adalah kata yang paling umum. Jika terjadi badai guntur, angin topan, atau angin puting beliung, itu semua adalah jenis storm.

TORNADO/TWISTER

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, baik tornado maupun twister sebenarnya adalah bentuk storm yang sama, yakni angin puting beliung atau angin berputar. Kata tornado adalah kata formal yang resmi digunakan dalam bidang meteorologi, sementara kata twister adalah kata slang yang digunakan dalam konteks keseharian. Kata twister barangkali didasarkan pada fakta bahwa angin badai ini berputar atau twist.

Kesimpulannya, storm adalah kata paling umum untuk menyebut segala bentuk kondisi cuaca ekstrim yang terjadi di atmosfir. Twister adalah kata lain dari tornado. Tornado atau twister adalah jenis storm berupa angin berputar atau puting beliung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *