Indigenous vs Native

By | May 27, 2016

Kedua kata ini sinonim dan dalam konteks tertentu bisa saling menggantikan. Kedua kata ini sering diartikan ‘asli’ dalam kaitannya dengan asal tempat seseorang dilahirkan dan dibesarkan, atau sesuatu berasal.

Mari kita coba bandingkan kedua kata ini dalam kaitannya dengan tanaman, binatang, dan manusia. Terkait dengan tanaman, ada perbedaan antara kedua kata itu. Di Australia dan Amerika Utara, yang disebut native plants adalah semua tanaman asli kedua benua itu dan bisa ditemukan di wilayah manapun di benua-benua itu, dan bukan dibawa dari luar. Tanaman-tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di wilayah manapun di negara itu.

Nah, yang disebut indigenous plants adalah tanaman asli wilayah tertentu (region specific) dalam negara itu. Misalnya, tanaman yang disebut Fringed Bleeding Hearts, adalah tanaman asli yang berasal dari Amerika Utara bagian Timur, dan tidak ditemukan di wilayah lain Amerika Utara. Dan jika tanaman ini ditanam di Amerika Utara bagian Barat, misalnya, mereka tidak akan bisa tumbuh dengan baik. Ketika sobat berbicara tentang binatang dan manusia, sobat bisa menggunakan native atau indigenous, dan keduanya bisa saling menggantikan.

Tetapi, kata native digunakan dalam konteks yang lebih luas. Dan oleh karena itu, sobat mesti pahami juga bahwa tidak selamanya native bisa digantikan oleh indigenous. Bahasa ibu sobat bisa disebut native language, dalam pegertian bahasa asli yang sobat pakai di tempat sobat lahir dan dibesarkan. Negara asal sobat adalah native country bagi sobat. Ada juga istilah native custom and tradition, yakni adat istiadat dan tradisi asli tempat sobat berasal. Dalam hal-hal seperti ini, kata indigenous tidak digunakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *