Perbedaan Meet dan Meet with

By | August 8, 2016

Sobat pasti pernah mengalami kesulitan untuk membedakan antara meet dan meet with. Prinsipnya begini: meet tidak selalu bisa digantikan oleh meet with, tetapi meet with bisa digantikan oleh meet. Jelasnya bagaimana?

MEET

Kata ini berarti bertemu atau menemui, tergantung situasinya. Menurut http://www.learnersdictionary.com/qa/meet-and-meet-with kata ini digunakan dalam 2 cara:

  1. untuk mengungkapkan sobat bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya. Dalam hal ini meet with TIDAK BISA menggantikan. Coba perhatikan contoh-contoh kalimat berikut:
    • I met my wife for the first time in a charity event organized by the university. – Saya bertemu dengan istri saya di sebuah kegiatan amal yang diorganisasi oleh universitas.
    • Do you remember me? We met a couple of years ago at a seminar in Bali. – Ada ingat saya? Kita bertemu di sebuah seminar di Bali dua tahun lalu.
    • Have we met before? – Apakah kita pernah bertemu sebelumnya?
  2. untuk mengungkapkan sobat bertemu atau menemui seseorang untuk membicarakan sesuatu. Perhatikan contoh-contoh kalimat berikut:
    • We met to discuss the project. – Kami bertemu untuk mendiskusikan proyek itu.
    • I am going to meet the architect to talk about my home renovation cost. – Saya akan menemui si arsitek untuk membicarakan biaya renovasi rumah saya.

MEET WITH

Frasa ini TIDAK bisa digunakan untuk mengungkapkan sobat bertemu dengan seseorang untuk pertama kalinya. Jadi, frasa ini TIDAK BISA menggantikan meet dalam contoh-contoh kalimat untuk nomor 1 di atas.

Frasa ini hanya bisa digunakan untuk mengungkapkan makna nomor 2 di atas, yakni bertemu dengan seseorang dengan tujuan membicarakan sesuatu. Dan dalam hal ini, penutur asli bahasa Inggris lebih memilih menggunakan meet with ketimbang meet, kecuali dengan subyek we seperti contoh pertama nomer 2.

  • I am going to meet with the architect to talk about my home renovation cost. – Saya akan bertemu dengan si arsitek untuk membicarakan biaya renovasi rumah saya.
  • Dewi met with them today to talk about the plans. – Dewi menemui mereka untuk membicarakan rencana-rencana itu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *