Perbedaan Change dan Alter

By | April 14, 2016

Dua kata tersebut dalam konteks tertentu bisa saling menggantikan, dan dalam konteks lain, hanya salah satu yang bisa digunakan. Pembahasan kita kali ini kita batasi pada fungsi dan makna kata-kata ini sebagai kata kerja (verb), meskipun change bisa juga berfungsi sebagai kata benda tanpa mengalami perubahan bentuk.

Sebagai kata kerja intransitive, yakni kata kerja yang tidak membutuhkan obyek, kedua kata ini berarti ‘berubah’ dalam arti menjadi berbeda. Dalam pengertian ini, keduanya bisa dipertukarkan dan bisa saling menggantikan, meskipun change lebih lazim digunakan dan terdengar lebih akrab di telinga.. Alter sedikit lebih formal, dan digunakan terutama jika sobat berbicara tentang perasaan, perilaku, atau situasi (Longman Language Activator hal. 167).

  • Your face hasn’t changed/altered much since we graduated from high school. – Wajah kamu tidak banyak berubah sejak kita lulus SMA.
  • Suddenly her mood changed/altered when she heard the news. – Tiba-tiba suasana batinnya berubah ketika iamendengar berita itu.

Sebagai kata kerja transitive, yakni kata kerja yang membutuhkan obyek, kedua kata ini berarti mengubah, dalam pengertian membuat sesuatu menjadi berbeda. Dalam hal ini, kedua kata ini juga bisa dipertukarkan. Kata alter digunakan terutama dalam arti mengubah sesuatu menjadi lebih baik atau sesuai.

  • It seems to me that they have changed/altered the timetable. – Tampaknya mereka telah mengubah jadwalnya.

Tetapi, kata alter TIDAK BISA menggantikan change dalam konteks berikut ini:

  1. Sesuatu berubah terus menerus: The weather keeps changing from day to day. – Cuaca terus menerus berubah dari hari ke hari. The waether keeps altering (X).
  2. Ganti alat transportasi dengan tujuan melanjutkan perjalanan: You have to change buses twice to get to Madiun. – Kamu harus ganti bus dua kali untuk sampai ke Madiun. You have to alter buses (X).
  3. Ganti baju: How many times a day do you change clothes?  – Berapa kali sehari kamu ganti baju? How many times a day do you alter clothes? (X)
  4. Menukar uang: Could you change a Rp 100.000 note for 2 Rp 50.000 notes? – Apakah kamu bisa tukar selembar 100.000 untuk 2 lembar 50.000 an? – Could you alter a Rp 100.000 note? (X)

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *