Perbedaan Because, Since, dan As

By | November 10, 2015

Pada kesempatan ini saya ingin membahas kata because, since, dan as. Ketiga kata ini berfungsi sebagai connectives yang menghubungkan induk kalimat dan anak kalimat, dan dalam konteks tertentu bisa bermakna sama, yaitu ‘karena’. Tentu saja, selain berarti ‘karena’, since dan as masing-masing mempunyai arti lain, yakni sejak dan ketika/saat.  Pembahasan kali ini kita batasi pada kesamaan makna ketiga kata, yakni ‘karena’.

Because

Ini adalah kata yang paling umum dipakai ketika kita ingin memberikan alasan mengapa sesuatu terjadi. Coba perhatikan contoh berikut:

The streets were flooded because it rained for three consecutive days. – Jalan-jalan tergenang air karena hujan turun tiga hari berturut-turut.

I went home earlier because I was sick. – Saya pulang lebih awal karena saya sakit.

Kata because bisa dipakai dalam segala konteks sejauh kita memang bermaksud mengatakan ‘karena’. Lain halnya dengan kata since dan as, yang meskipun bisa berarti ‘karena’, hanya bisa digunakan dalam konteks tertentu saja. Lihat penjelasan berikut ini.

Since/As 

Kedua kata ini bermakna ‘karena’ dalam konteks yang lebih terbatas. Since/as dipakai ketika kita memberikan alasan mengapa kita memutuskan untuk melakukan sesuatu, atau saat kita memberikan alasan mengapa kita memutuskan/berpikir bahwa sesuatu itu benar adanya. Coba sobat pembaca perhatikan contoh-contoh berikut:

Since the weather was nice that day, we decided to go to the beach. – Karena hari itu cuaca menyenangkan, kami memutuskan pergi ke pantai.

I thought the house was broken into as the window panes were broken. – Saya pikir rumah itu dibobol maling (dan saya percaya itu benar demikian) karena kaca jendela depan pecah.

Pertanyaannya, apakah kata since dan as bisa digantikan oleh because? Tentu saja bisa. Tetapi, tidak semua kalimat yang menggunakan because bisa digantikan oleh since dan as.

Sebagai catatan, sobat pembaca tetap harus hati-hati jika ingin menggunakan since atau as. Dalam konteks kalimat tertentu bisa menimbulkan ambiguitas atau makna ganda. Maka, sangat disarankan sobat pembaca menggunakan because jika tidak yakin apakah since/as bisa digunakan dalam kalimat tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *