Above dan Over: Apa sih bedanya?

By | November 9, 2015

Sobat pembaca, topik bahasan kita kali ini adalah above dan over. Keduanya termasuk dalam kategori preposisi atau kata depan. Penutur asli Bahasa Inggris sering menggunakan kedua kata tersebut untuk mengatakan bahwa sesuatu berada di atas sesuatu yang lain. Bagi penutur asli tentu tidak sulit untuk membedakan fungsi kedua kata tersebut. Tetapi, bagi orang yang sedang belajar bahasa Inggris, kedua kata itu bisa membingungkan, karena dalam bahasa Indonesia masing-masing preposisi bisa diartikan di atas.

Above

Untuk memahami penggunaan kata ini, sobat pembaca bisa mencoba membayangkan sedang berbaring telentang di tempat tidur. Tempat tidur berada di pojok ruangan. Di atas sobat pembaca tergantung sebuah lukisan. Tentu saja, karena lukisan menempel pada dinding, lukisan tersebut tidak persis/tepat di atas sobat pembaca. Untuk menggambarkan posisi lukisan tersebut, kata inilah yang digunakan. Maka, jika sobat pembaca mendengar atau membaca kalimat berikut,

  • The painting hangs above me. – Lukisan itu tergantung di atas saya.

itu berarti bahwa lukisan berada di atas sobat pembaca, tetapi tidak persis di atas sobat pembaca. Coba sobat pembaca perhatikan kalimat berikut ini:

  • The town is located up a hill 3000 meters above the sea level. – Kota itu berada di atas bukit 3000 meter di atas permukaan laut.

Kata above – bukan over – digunakan untuk mengatakan bahwa posisi kota berada 3000 meter di atas permukaan laut, tetapi tentu tidak persis berada di atas laut.

Over

Berbeda dengan above, kata ini digunakan untuk mengatakan bahwa sesuatu berada di udara persis di atas sesuatu yang lain. Sobat pembaca coba bayangkan sebuah meja belajar, lalu persis di atas meja itu ada lampu. Untuk menggambarkan hal semacam ini, sobat pembaca bisa menggunakan kata ini

  • The lamp hangs over the study table. – Lampu itu tergantung di atas meja belajar.
  • Dark clouds are hanging over the city. – Awan gelap menggantung di atas kota.

Demikian sobat pembaca uraian singkat tentang perbedaan antara above dan over.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *