People vs Peoples

By | May 24, 2016

Bagi sobat yang sedang belajar bahasa Inggris, kedua kata ini memang membingungkan. Kata people sendiri adalah bentuk jamak (plural) dari person (lihat dalam pembahasan sebelumnya di link ini englishforsma.com. Tetapi, kata ini pun bisa juga menjadi bentuk tunggal (singular), dan bentuk jamaknya adalah peoples, tentu dengan pengertian yang berbeda.

Dalam bahasan sebelumnya jelas disebutkan bahwa kata people digunakan ketika sobat berbicara tentang dua atau lebih orang, atau sekumpulan masa anonim, yang identitas pribadi per individu tidak penting. Jadi, kata ini dalam hal ini adalah bentuk jamak dari person.

  • A large number of people attended the concert. – Banyak orang menhadiri konser itu.
  • How many people did you interview? – Berapa banyak orang yang kamu wawancarai?

Dalam kedua kalimat tersebut, kata people berarti orang-orang, lebih dari satu, jamak.

Tetapi, kata people bisa menjadi bentuk tunggal. Jadi, sobat bisa mengatakan a people. Tentu, dalam hal ini, kata ini mempunyai pengertian berbeda. Dalam kamus online Learners Dictionary  disebutkan bahwa people sebagai bentuk tunggal atau singular berarti “a group of people who belong to the same culture, ethnicity, nation, or race“. Jadi, people di sini berarti sebuah bangsa, suku bangsa, atau kelompok etnis atau ras tertentu.

Misalnya, ketika sobat melakukan perjalanan ke Papua, dan bertemu dengan suku Dani di Lembah Baliem, suku ini adalah contoh a people, sebuah suku bangsa. Dan ketika sobat melanjutkan perjalanan, dan berjumpa dengan 2 suku lain lagi, misalnya Korowa dan Kombai, itu artinya sobat bertemu dengan ‘two other peoples’.

Jadi, people sebagai bentuk jamak dari person berarti dua atau lebih orang, atau sekumpulan masa anonim, dan people sebagai bentuk tunggal (bentuk jamaknya adalah peoples) berarti suku bangsa tertentu.

  • The Japanese are an industrious people. – Orang-orang Jepang adalah bangsa industri.
  • The Tupinama, Potiguara, and Tabajara are three examples of indigenous peoples inhabiting different regions of Brazil. – Tupinama, Potiguara, dan Tabaraja adalah tiga contoh (suku) bangsa yang mendiami wilayah-wilayah yang berbeda Brazil.

Semoga tulisan sederhana ini membantu.

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *