Palindrome: Let’s Have Fun with Wordplay

By | October 7, 2016

Persis di hari Kamis, 6 Oktober 2016 seorang teman dalam grup Whatsapp mengirimkan sesuatu yang menarik, katanya,”Hari ini tepat tanggal 6102016 (baca: enam oktober dua ribu enam belas).” Yang menarik dari deretan angka itu adalah urutannya. Dan sobat bisa melihat angka-angka itu bisa dibaca dari depan maupun belakang, dan tetap terbaca sama.

Itulah palindrome (baca: pa-lən-ˌdrōm). Dan hari yang tanggalnya bisa dibaca dari depan dan belakang seperti contoh di atas disebut palindrome day. Dalam bahasa Indonesia disebut palindrom. Kamus http://www.merriam-webster.com/dictionary/palindrome mendefinisikan istilah ini sebagai kata, frasa, kalimat, atau angka yang terbaca sama dari depan maupun belakang. Salah satu contoh kalimat palindrome yang diberikan kamus ini adalah ‘Able was I ere I saw Elba’. Kata ‘ere’ di sini berarti before. Sebuah permainan kata yang hebat. bukan?

Kalimat tersebut selama lebih dari satu abad dianggap diucapkan langsung oleh Napoleon Bonaparte kepada dokter pribadinya Barry Edward O’Meara ketika ia diasingkan di Pulau St. Helena tahun 1815 dan meninggal di sana tahun 1821. Tetapi sumber lain menyanggah anggapan ini dan menyebut seseorang berinisial J.T.R berasal dari Baltimore sebagai pencipta palindrom unik itu. Menurut http://quoteinvestigator.com/2013/09/15/saw-elba/ kalimat tersebut pertama kali muncul tahun 1848 di sebuah majalah bernama “Gazette of the Union”. Itu berarti 27 tahun setelah Napoleon wafat.

Permainan kata ini sudah ada berabad-abad. Orang Yunani dan Romawi sudah mengenal palindrom sejak lama. Kata palindrome sendiri berakar dari kata Yunani palindromos yang berarti kejadian berulang atau recurrence, meskipun secara harafiah kata tersebut berarti berlari lagi. Dan barangkali itulah alasannya kenapa palindromos kemudian menjadi akar kata ini. Sebuah kata lazimnya dibaca dari depan ke belakang, tetapi ada kata tertentu yang bisa dibaca lagi, diulang lagi – dan itu seperti kejadian berulang – dari arah berlawanan, dan tetap terbaca sama.

Kata ini pertama kali digunakan sekitar tahun 1620. Beberapa palindrom dalam bentuk kata/frasa sederhana dalam bahasa Inggris yang kita kenal, misalnya: nun, civic, peep, noon, pop, deed, race car, dan masih banyak lagi.

Referensi:

Able Was I Ere I Saw Elba

http://www.merriam-webster.com/dictionary/palindrome

http://www.etymonline.com/index.php?term=palindrome

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *