Site icon englishforsma.com

Own vs Have vs Possess: Persamaan dan Perbedaan

Sobat pembaca setia, topik yang kita angkat kali ini adalah tiga verba yang terkait satu sama lain dalam hal makna: own, have, possess. Meskipun mempunyai kemiripan makna, ketiganya tidak selalu bisa dipertukarkan. Mari kita bahas satu per satu.

OWN

Yang khas dari kata ini – dibandingkan dua kata lainnya – adalah aspek legalitas. Terjemahan yang tepat untuk kata ini adalah memiliki. Kata ini digunakan ketika sobat pembaca ingin mengatakan bahwa sobat memiliki sesuatu dan mempunyai hak yang sah secara hukum atas sesuatu itu.

Maka, umumnya kata ini digunakan untuk hal-hal yang besar, yang membutuhkan legalitas kepemilikan. ‘Sesuatu’ yang dimaksud di sini bisa berupa benda fisik (misalnya, rumah, apartemen, pabrik, tanah, dan lain-lain), maupun hal-hal yang abstrak (misal website, merek dagang (brand), company, dan lain-lain). Coba perhatikan kalimat-kalimat ini:

HAVE

Kata ini mempunyai makna yang lebih luas dari own, dan barangkali lebih fleksibel untuk digunakan dalam kalimat. Kata have dalam banyak hal bisa menggantikan kata own. Dalam dua contoh kalimat di atas, misalnya, kata own bisa digantikan oleh kata have. Itu berarti bahwa have mempunyai makna yang sama dengan own dalam dua kalimat di atas. Kalimat-kalimat berikut bisa memperjelas:

Tetapi, have juga digunakan ketika sobat ingin mengatakan bahwa sobat mempunyai sesuatu tanpa hak sah secara hukum atas sesuatu itu. Atau, ketika sobat ingin mengatakan bahwa sobat mempunyai sesuatu tanpa memilikinya. Artinya, sobat mempunyai sesuatu tanpa hak kepemilikan atas sesuatu itu. Coba perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

POSSESS

Terkait dengan benda-benda fisik, kata ini umumnya digunakan dalam kalimat negatif untuk menyatakan bahwa seseorang tidak memiliki apa yang pada umumnya dimiliki orang lain. Mari kita lihat contoh kalimat berikut:

Kata possess mempunyai makna yang sama dengan have, dan dalam banyak kasus bisa digantikan oleh have.

Kesimpulannya, own mempunyai kekhasan, yakni aspek legalitas. Kata have bisa dengan mudah menggantikan own, tetapi sebaliknya, own tidak bisa dengan mudah menggantikan have. Possess  mempunyai makna yang sama dengan have, hanya saja kata ini lebih sering digunakan dalam kalimat negatif, untuk menyatakan bahwa seseorang tidak mempunyai apa yang umumnya dipunyai orang lain.

Simak versi visualnya:

Exit mobile version