Outfit vs Costume vs Apparel vs Attire: Ini Dia Bedanya!

By | May 5, 2018

Sobat pembaca, kali ini kita akan membahas 4 nomina dalam bahasa Inggris yang biasanya digunakan untuk merujuk pada jenis-jenis pakaian. Jadi, masing-masing kata tersebut sebenarnya adalah sebutan untuk jenis pakaian. Bedanya di mana? Mari kita sebut satu per satu.

OUTFIT

Kata ini dilafalkan /ˈaʊtfɪt/. Untuk mengingat arti kata ini, sobat bayangkan saja kombinasi pakaian yang padu padan. Itu intinya. Kamus online Merriam-Webster mendefinisikan kata ini sebagai “a clothing ensemble often for a special occasion or activity” – satu setel pakaian untuk kesempatan atau kegiatan khusus. Jadi, menurut kamus tersebut, kata ini biasanya dipakai untuk menyebut satu setel pakaian yang dikenakan pada kesempatan atau kegiatan tertentu. Nah, karena dipakai pada kesempatan tertentu, satu setel pakaian tersebut lazimnya merupakan kombinasi yang cocok satu sama lain. Misalnya, kalau sobat hendak pergi ke pesta, sobat mengenakan rok warna hitam dikombinasi blus biru, dengan sepatu yang disesuaikan warnanya. Kombinasi tersebut menghasilkan outfit. Baju yang sobat pakai ke pesta itu disebut party outfit.

Atau kalau sobat hendak berenang, tentu akan memakai pakaian renang. Sobat bisa menyebutnya swimming outfit. Ada juga riding/sports/hunting/fishing/camping outfit yang bisa sobat pakai waktu sobat berkuda, berolah-raga, berburu, memancing, atau berkemah. Masing-masing kegiatan tersebut menuntut pakaian yang berbeda. Itulah yang disebut outfit.

COSTUME

Kata ini dilafalkan /ˈkɒs.tʃuːm/, dan dalam bahasa Indonesia diartikan kostum. Umumnya, yang dimaksud costume adalah pakaian yang sobat kenakan untuk menyerupai karakter tertentu. Misalnya, kalau sobat mengenakan pakaian menyerupai vampir atau drakula dalam pesta halloween, yang sobat pakai itu disebut costume. Atau kalau sobat bermain drama memerankan tokoh tertentu, misalnya Raja Arthur yang legendaris itu, dan sobat memakai pakaian tertentu sesuai karakter yang sobat mainkan, pakaian yang sobat kenakan itu disebut King Arthur costume.

Kata ini juga digunakan untuk menyebut pakaian yang dikenakan dalam upacara adat atau ritual tertentu. Kalau teman sobat menikah dan dia mengenakan pakaian tradisional tertentu, pakaian itu disebut wedding costume.  Kalau sobat dan teman-teman melakukan ritual menurut ada tertentu dan oleh karena itu memakai pakaian tertentu yang dipakai khusus untuk itu, pakaian itu disebut ritual costume.

APPAREL

Kata ini dilafalkan /əˈpær.əl/. Nah, kata ini mempunyai kekhasan makna yang tidak dimiliki oleh kata-kata lainnya. Kata ini hanya dipakai untuk menyebut JENIS pakaian tertentu yang SEDANG DIJUAL, bukan yang sedang dipakai. Jadi, kalau sobat pergi ke toko pakaian olah-raga, dan melihat ada berbagai jenis pakaian olah raga yang dipajang dan dijual di toko itu, pakaian-pakaian yang sedang dijual itu disebut sports apparel. Sobat membeli satu setel, dan kemudian sobat pakai untuk kegiatan olah-raga, saat itulah pakaian itu disebut outfit. Maka, di toko-toko akan dijumpai horse riding apparel, camping apparel, yoga apparel, workout apparel, dan lain-lain.

ATTIRE

Kata ini dilafalkan /əˈtaɪər/. Kata ini digunakan untuk menyebut pakaian resmi, yang lazimnya dipakai untuk kesempatan atau situasi tertentu. Ada istilah business attire, yang merujuk pada pakaian formal yang dipakai di lingkungan bisnis. Atau wedding attire, yaitu pakaian formal yang dikenakan saat menghadiri pernikahan. Ada lagi istilah royal attire, yang merujuk pada pakaian resmi/formal yang dipakai dalam acara-acara resmi kerajaan. Kalau sobat pergi ke kantor, yang tentunya menuntut sobat berpakaian formal, itulah office attire. Jadi, secara sederhana, yang dimaksud attire adalah pakaian resmi atau formal yang sobat pakai di acara atau lingkungan formal.

Semoga membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *