One day vs Someday

By | November 6, 2016

Dua ungkapan yang kita bahas kali ini, one day dan someday, memang mempunyai kemiripan makna, sekaligus perbedaan. Ungkapan pertama selalu dituliskan sebagai dua kata. Jika sobat pernah melihat ungkapan oneday sebagai satu kata, pastilah penulisnya membuat kesalahan. Ungkapan kedua selalu ditulis sebagai satu kata.

ONE DAY

Ungkapan ini bisa digunakan untuk berbicara tentang masa lalu (the past) dan masa depan (the future). Ketika mengacu pada masa lalu, ungkapan ini berarti ‘suatu hari’, dan digunakan untuk mendeskripsikan peristiwa yang terjadi pada suatu waktu tertentu di masa lalu. Coba perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • I often saw Maria sitting on the porch. But one day when I passed by her house, she wasn’t there. – Saya sering melihat Maria duduk di beranda. Tetapi suatu hari waktu saya lewat depan rumahnya dia tidak ada di sana. But someday when I passed by …. (X)
  • One day I went to the city museum and I found it really interesting. – Suatu hari saya pergi ke museum kota dan menurut saya sangat menarik. Someday I went … (X).

Ketika mengacu pada masa depan, ungkapan ini sering digunakan untuk mengungkapan janji atau sumpah. Jadi kalau sobat menggunakan ungkapan ini, sobat secara implisit mengatakan bahwa sobat berjanji atau bersumpah untuk melakukan sesuatu di masa mendatang. Sobat mempunyai tekad untuk melakukan itu. Atau, sobat sangat yakin sesuatu itu akan terjadi.

  • One day I will be a pilot. – Suatu hari nanti saya akan menjadi seorang pilot.
  • One day there will be peace on earth. – Suatu hari akan ada kedamaian di bumi.
  • One day she will be my girlfriend. – Suatu hari nanti dia akan menjadi pacar saya.

SOMEDAY

Seperti halnya one day, ungkapan ini juga digunakan untuk mengatakan ‘suatu hari nanti’. Jadi, ungkapan ini mengacu pada masa depan (the future), dan selalu demikian. Kata ini tidak pernah digunakan untuk berbicara tentang masa lalu.

Tetapi, nuansa maknanya berbeda. Kata ini TIDAK PERNAH mengandung pengertian tekad, janji, sumpah, dan sejenisnya. Artinya, ketika sobat menggunakan kata ini, sobat tidak sedang berjanji atau bersumpah untuk melakukan sesuatu, dan sobat tidak mengisyaratkan keyakinan sobat bahwa sesuatu itu akan terjadi. Itu berarti, sesuatu itu akan terjadi dengan sendirinya seiring waktu. Jadi, ini murni hanya soal waktu saja.

  • Someday I will visit Paris. – Suatu hari nanti saya akan mengunjungi Paris. Kalimat ini tidak mengisyaratkan tekad, janji, kepastian, dan semacamnya. Kunjungan ke Paris itu, seandainya terjadi, murni karena soal waktu saja, dan sobat tidak berupaya apapun untuk mewujudkannya.
  • Someday, she will be my girlfriend. – Suatu hari dia akan menjadi pacar saya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *