Old vs Ancient

By | February 5, 2016

Sobat semua, kali ini kita akan membahas dua kata yang seolah-olah mempunyai kedekatan makna, meskipun sebenarnya tidak. Old dan ancient adalah dua kata yang sama sekali berbeda.

OLD

Kata old berarti lama atau tua, dan kata ini erat kaitannya dengan usia sesuatu atau seseorang. Kata ini termasuk dalam kategori kata sifat atau ajektiva. Dalam konteks tertentu kata old adalah lawan kata dari kata young. Artinya, old digunakan untuk menggambarkan bahwa seseorang sudah tidak muda lagi. kalimat berikut ini,

  • I stopped my car abruptly when an old lady came out of nowhere crossing the street. – Saya menghentikan mobil saya secara tiba-tiba ketika seorang wanita tua muncul entah dari mana menyeberang jalan.

jelas-jelas menyarankan bahwa wanita tersebut sudah berusia lanjut.

Dalam konteks yang lain lagi, kata old sekedar mengatakan berapa usia seseorang lepas apakah yang bersangkutan tua atau muda.

  • I have a brother. He is seven years old. – Saya punya adik laki-laki. Usianya tujuh tahun. Dari sisi usia tentu masih sangat muda, tetapi toh untuk mengatakan berapa usianya kita tetap menggunakan kata old.

ANCIENT

Kata ancient tidak sama artinya dengan tua. Kata ini berarti kuno. Kata ini digunakan untuk mendeskripsikan sesuatu yang berasal dari jaman prasejarah (prehistoric), masa-masa paling awal sejarah, atau zaman dahulu kala barangkali ratusan atau ribuan tahun lalu.

Frase ancient structure misalnya, mengindikasikan bahwa struktur tersebut berasal dari zaman prasejarah, masa-masa paling awal sejarah, atau zaman dahulu kala. Kata ancient tentu tidak mengisyaratkan bahwa bangunan atau struktur tersebut dibangun 50 tahun atau 100 tahun lalu. Jika berasal dari 50 atau 100 tahun lalu, barangkali orang akan menggunakan kata old, untuk menunjukkan bahwa usia bangunan tersebut sudah tua.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *