Oh, They Call It Puppy Love

By | March 13, 2018

Tahun 1972, Donny Osmond, seorang penyanyi dari Amerika Serikat yang populer di era 70 an, pernah merilis lagu berjudul Puppy Love. Berikut adalah lirik bait pertama lagu tersebut:

And they called it puppy love
Oh, I guess they’ll never know
How a young heart really feels
And why I love her so

Lirik lagu tersebut mengisyaratkan, yang disebut puppy love adalah perasaan cinta yang dialami oleh remaja belia – young heart. Kamus online Merriam-Webster mendefinisikan ungkapan tersebut sebagai “transitory love or affection felt by a child or adolescent” – cinta atau kasih sayang sementara yang dirasakan oleh seseorang anak atau remaja belasan tahun.

Kamus online Cambridge Dictionary memberikan definisi serupa: romantic love that a young person feels for someone else, which usually disappears as the young person becomes older – cinta romantis yang dirasakan remaja belia untuk orang lain, yang biasanya hilang saat remaja belia ini bertambah usia. Jadi, ini semacam ketertarikan sementara, bukan cinta yang matang dan dewasa.

Waktu sobat masih SMP mungkin pernah mengalami puppy love. Mungkin sobat pernah naksir teman sekelas dulu waktu di SMP, atau mungkin bahkan waktu SMA. Ya sekedar senang-senang saja. Sekedar naksir, tertarik. Tidak serius (meskipun mereka bilang serius, sueerr :), dan akan hilang dengan sendirinya seiring usia. Dalam bahasa Indonesia disebut cinta monyet.

Tetapi, entah kenapa dalam bahasa Inggris mereka menyebutnya cinta anak anjing. Menurut situs theidioms.com, diketahui bahwa ungkapan idiomatik ini sudah digunakan sejak tahun 1800 an, dan awalnya dipakai untuk merujuk pada rasa sayang seekor anak anjing kepada pemiliknya. Bahkan situs etimologi www.etymonline.com menyebutkan frasa ini pertama kali digunakan tahun 1823. Yang menarik adalah, ungkapan ini ternyata juga bisa disebut calf love, meskipun tidak sepopuler puppy love.

Berikut adalah beberapa kalimat menggunakan ungkapan tersebut:

  • Maria and Denny are in love. They say it’s not puppy love. But, I am sure it is. – Maria dan Denny saling jatuh cinta. Mereka bilang bukan cinta monyet. tapi saya yakin itu cinta monyet.
  • If you say you’re in love before 17, then it must be puppy love. – Kalau kamu bilang kamu jatuh cinta sebelum usia 17, itu pasti cinta monyet.

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *