Objective vs Goal vs Purpose

By | April 21, 2016

Ketiga kata tersebut diartikan tujuan dalam bahasa Indonesia. Tetapi, masing-masing kata itu tidak lah sama, karena mengandung pengertian yang berbeda. Untuk mudahnya, coba sobat bayangkan sebuah piramid dengan 3 tingkat. Yang paling bawah adalah objective, di tengah adalah goal, dan purpose berada di puncak.

OBJECTIVE

Kata ini sering diartikan sebagai tujuan spesifik dari sebuah tindakan. Tujuan yang disebut objective selalu bisa diukur, dan biasanya dibingkai dalam waktu tertentu. Misalnya, sobat belajar dengan keras selama satu tahun ini supaya naik kelas dengan nilai rata-rata 90 di rapot.

Kira-kira seperti itulah rumusan obejctive: spesifik, bisa diukur dan dibuktikan ketercapaiannya, dan kapan tujuan ini harus tercapai pun jelas disebutkan. Nah, semua tujuan terukur ini adalah langkah-langkah dalam piramid yang tadi sobat bayangkan sebagai tujuan-tujuan kecil yang harus sobat capai kalau sobat ingin meraih tujuan yang lebih besar yang disebut goal.. Artinya, sebelum sobat mencapai tujuan besar, sobat harus mencapai tujuan-tujuan kecil terlebih dulu.

  • His objective is to progress to the next level with average mark of 90. – Tujuannya adalah naik kelas dengan nilai rata-rata 90.

GOAL

Kalau objective bersifat spesifik dan terukur, goal bersifat umum, dan sedikit abstrak. Misalnya, kalau sobat belajar dengan keras supaya menjadi orang sukses dan berguna untuk masyarakat, itulah goal. Jadi goal itu semacam tujuan besar, dan untuk mencapainya sobat membutuhkan waktu yang lebih lama. Dan karena bersifat umum, tujuan ini menjadi abstrak, dan ukuran-ukuran ketercapaiannya pun tak disebutkan dengan jelas. Maka, untuk mengukur ketercapaiannya sobat membutuhkan alat ukur dengan kriteria dan standar yang jelas.

  • His goal is to be a successful person who is useful for the society. – Tujuannya adalah menjadi orang sukses yang berguna bagi masyarakat.

PURPOSE

Kata ini juga berarti tujuan, tetapi dalam pengertian alasan mengapa sobat ingin mencapai goal. Maka, kalau sobat ingin mengetahui ‘purpose‘ dalam kehidupan sobat, pertanyaan yang harus sobat tanyakan kepada diri sendiri adalah – dengan menggunakan contoh goal di atas: “Apa alasan saya ingin menjadi orang sukses dan berguna bagi masyarakat?”

Pertanyaan ini tidak mudah untuk dijawab, dan barangkali sobat harus merenungkan pertanyaan itu selama beberapa saat. Tetapi, jika sobat bisa menemukan alasan mendasar mengapa penting bagi sobat menjadi orang sukses dan berguna bagi masyarakat, barangkali sobat telah menemukan tujuan hidup sobat yang sesungguhnya.

Semoga membantu.

2 thoughts on “Objective vs Goal vs Purpose

  1. Pingback: Perbedaan Goal, Objective dan Purpose | nisanda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *