Nippy vs Chilly vs Cold vs Frosty

By | February 21, 2017

Sobat pembaca, topik kita kali ini adalah empat ajektiva yang mempunyai kedekatan makna, yakni nippychilly, cold, dan frosty. Keempat kata ini mempunyai makna dasar yang sama, yaitu ‘dingin’. Keempatnya sering digunakan ketika sobat berbicara tentang cuaca, meskipun kata chilly dan cold tak hanya terbatas soal cuaca. Tiga kata pertama menunjukkan gradasi, kata terakhir digunakan untuk menyebut dingin dalam kondisi cuaca tertentu. Mari kita bahas satu per satu.

NIPPY

Kata ini bernuansa informal, dan berarti sedikit dingin. Jadi, kata ini ada pada level terendah untuk mengatakan dingin. Karena bernuansa informal, kata ini lazimnya digunakan dalam percakapan sehari-hari.

  • Put on your coat. The wind is nippy outside. – Pakai mantelmu. Di luar anginnya sedikit dingin.

CHILLY

Kata ini berarti dingin, dan digunakan untuk mendeskripsikan cuaca (weather), ruangan (room), atau tubuh. Longman Language Activator mengartikan kata ini sebagai ‘dingin, tetapi bukan dingin yang ekstrim.’ Dingin yang tidak membuat sobat menggigil. Memang dingin, tetapi sobat tidak sangat kedinginan. Dingin tingkat menengah, meskipun bukan dalam pengertian dingin yang menyenangkan seperti cool, yang lebih berkonotasi sejuk segar.

Kalau sobat berada di luar rumah, dan merasakan cuaca lumayan dingin, tetapi tidak membuat tubuh menggigil dan gigi beradu, sobat bisa menggunakan kata ini. Atau ketika sobat berada di ruangan ber-Ac, dan merasa ruangan lumayan dingin, sobat silakan gunakan kata ini.

  • It’s chilly out here. – Lumayan dingin di luar sini.
  • Can you turn up the heat, please? It’s chilly in here. – Bisakah Anda naikkan temperaturnya? lumayan dingin di sini.

Kata ini juga bisa digunakan untuk menggambarkan sikap yang ‘dingin’. Ketika sobat bertamu atau berkunjung, misalnya, dan sobat merasa bahwa tuan rumah agak acuh tak acuh menerima kedatangan sobat, sobat bisa menggunakan kata ini.

  • Well, they gave me a chilly reception. – Yah, mereka menerimaku dengan sikap agak dingin.

COLD

Kata ini juga berarti dingin, lebih dingin ketimbang chilly. Kata ini yang akan sobat pakai kalau sobat berada dalam cuaca atau ruangan yang dingin, dan tubuh cenderung mau menggigil, gigi beradu. Tentu sobat bisa menambahkan kata-kata seperti very atau extremely untuk menambah tingkat dinginnya.

  • It’s very cold out here. – Dingin sekali di luar sini.
  • Can you turn up the heat, please? It’s so cold. – Apakah Anda bisa menaikkan suhunya? Dingin sekali.

Sama seperti chilly, kata ini juga bisa digunakan untuk menggambarkan sikap dingin.

  • Well, they gave me a cold reception. – Yah, mereka menerima saya dengan sikap dingin.

FROSTY

Berbeda dengan dua kata sebelumnya, kata ini hanya bisa digunakan untuk mendeskripsikan cuaca. Kata ini berasal dari kata frost, yang berarti lapisan es tipis yang terbentuk di tanah. Longman Language Activator menyebutkan bahwa kata frosty berarti ‘very cold, when everything is covered in a thin layer of white ice‘ – sangat dingin, ketika segala sesuatunya tertutup lapisan tipis es.

Jadi, kata ini sebenarnya digunakan untuk mengungkapkan cuaca sangat dingin pada situasi spesifik. Biasanya, masih menurut kamus yang sama, pada saat frosty weather terjadilangit terang dan cerah.

  • My teeth are chattering from the frosty air. – Gigiku beradu karena udara yang sangat dingin.
  • It was a frosty morning with a thin layer of ice covering the grass. – Pagi itu sangat dingin dengan lapisan tipis es menutupi rumput.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *