Perbedaan Near dan Nearby

By | July 15, 2016

Baik near maupun nearby sering diartikan ‘dekat’ dalam bahasa Indonesia. Tetapi, itu tidak berarti keduanya bisa dipertukarkan. Tulisan sederhana ini dimaksud untuk menjelaskan perbedaan antara kedua kata ini.

Perbedaan pertama. Kata near bisa berfungsi sebagai preposisi untuk menjelaskan lokasi. Sebagai preposisi, kata ini langsung diikuti kata benda atau frasa nomina (noun/noun phrase). Dalam hal ini, kata ini tidak bisa digantikan oleh nearby.

  • I live near the new hotel. – Saya tinggal dekat hotel baru itu. I live nearby the new hotel (X).
  • I’ll be waiting near the ticket office. – Saya akan menunggu dekat loket. I’ll be waiting nearby the ticket office (X).
  • She works in a bookshop near the post office. – Dia bekerja di toko buku dekat kantor pos. She works in a bookshop nearby the post office (X).

Perbedaan kedua. Dua kata ini bisa berfungsi sebagai kata sifat (adjective), dan sama-sama bisa diletakkan sebelum nomina atau frasa nomina yang diterangkan. Meskipun demikian, keduanya tidak bisa dipertukarkan.

Near sebagai ajektiva (adjective) hanya bisa diartikan dekat dalam pengertian waktu, bukan jarak fisik. Sebalinya, nearby sebagai ajektiva hanya bisa diartikan dekat dalam pengertian jarak fisik. Coba perhatikan kalimat-kalimat berikut:

  • Robots will replace human workers in the near future. – Robot akan menggantikan tenaga kerja manusia dalam waktu dekat (yang tak lama lagi). Robots will replace human workers in the nearby future (X)
  • I’m heading to the nearby police station. – Saya sedang menuju ke kantor polisi terdekat. I’m heading to the near police station (X).

Perbedaan ketiga. Baik near maupun nearby bisa berfungsi sebagai adverb, kata yang digunakan untuk memberi keterangan tentang kata kerja, tetapi tidak bisa saling menggantikan. Coba sobat perhatikan kalimat-kalimat berikut:

  •  Have you been to the Borobudur Temple? I live nearby. – Kamu sudah pernah ke Candi Borobudur? Saya tinggal dekat-dekat situ. Kata nearby sebagai adverb bisa digunakan langsung setelah kata kerja tanpa harus diikuti kata benda. Dalam hal ini near tidak bisa menggantikan. Dan dalam konteks ini antara pembicara dan pendengar sama-sama memahami bahwa yang dimaksud ‘dekat’ di sini adalah dekat dengan Candi Borobudur.I live near (X)
  • She took a step nearer. – Dia mengambil satu langkah lebih dekat. Kata nearby tidak bisa digunakan di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *