Harus: Must vs Have to – Apa Bedanya?

By | November 7, 2015

Sobat pembaca, kali ini kita membahas must dan have to yang sering digunakan untuk menunjukkan keharusan; bahwa sesuatu harus terjadi atau dilakukan. Karena arti dalam bahasa Indonesia untuk kedua ungkapan itu sama, yakni harus, kita sering menganggap keduanya benar-benar sama. Tentu tidak demikian. Masing-masing kata digunakan secara berbeda. Perhatikan dua contoh kalimat berikut ini:

  • I must go now. I have something to do. – Saya harus pergi sekarang. Saya ada urusan (yang harus saya lakukan)
  • I have to go now. It’s 7.15 now. The meeting starts at 7.45. – Saya harus pergi sekarang. Sekarang sudah pukul 7.15. Rapat mulai jam 7.45.

Kalimat pertama menggunakan must karena ada faktor atau situasi personal/pribadi yang mengharuskan saya pergi. ‘I have something to do’ mengisyaratkan adanya alasan pribadi. Sementara, kalimat kedua menggunakan have to karena ada faktor/situasi luar/eksternal yang mengharuskan saya pergi. Yang mengharuskan saya pergi adalah jadwal keberangkatan kereta. kalau saya tidak pergi sekarang, saya pasti terlambat.

Kesimpulannya, sobat pembaca silakan menggunakan must jika keharusan untuk melakukan sesuatu itu disebabkan oleh faktor/situasi personal, dan silakan menggunakan have to jika keharusan untuk melakukan sesuatu itu disebabkan oleh faktor/situasi luar/eksternal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *