Site icon englishforsma.com

Moral vs Morale

Sobat pembaca setia englishforsma.com, dua kata ini yang kita bahas kali ini, moral dan morale sering menimbulkan kebingungan karena ejaan kedua kata ini hampir sama. Hanya huruf e saja yang membedakan. Faktanya, kedua kata itu benar-benar dua kata yang berbeda dengan arti yang berbeda pula. Dua kata ini pun termasuk dalam kategori kata yang berbeda. Yang satu ajektiva, dan yang satu nomina. Mari kita bahas kedua kata ini.

MORAL

Kata ini bisa berfungsi sebagai kata sifat (ajektiva) dan kata benda (nomina), tergantung konteks kalimatnya. Kata moral diucapkan /ˈmɒrəl/. Kata ini terkait dengan prinsip-prinsip baik/buruk, benar/salah, yang diyakini seseorang. Kata ini juga terkait dengan standar perilaku yang sesuai dengan prinsip-prinsip tersebut. Kalau seseorang mempunyai kecenderungan perilaku yang bertentangan dengan prinsip benar dan salah, masyarakat sering mengatakan orang tersebut tidak bermoral. Secara sederhana, kata ini juga diartikan atau disebut moral dalam bahasa Indonesia. Perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

MORALE

Morale adalah kata benda (noun). Kata ini sering diartikan sebagai besarnya keyakinan diri seseorang atau sekelompok orang, terutama dalam situasi bahaya. Coba perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

Exit mobile version