Migrate vs Emigrate vs Immigrate: Ini Dia Bedanya!

By | January 19, 2018

Sobat pembaca setia, tiga verba yang kita bahas kali ini – migrateemigrate dan immigrate memang saling terkait. Ketiganya mengindikasikan pergerakan atau perpindahan dari satu tempat ke tempat lain. Meskipun demikian ketiganya berbeda satu sama lain. Tetapi, karena ketiga verba tersebut mempunyai kemiripan ejaan, sementara pembelajar bahasa Inggris sering kali mengacaukan ketiganya.

Catatan pentingnya adalah, pilihan menggunakan yang mana dari ketiga kata tersebut tergantung pada sudut pandang kalimatnya. Migrate menekankan keseluruhan proses pergerakan atau perpindahan dari satu wilayah ke wilayah lain, emigrate memberi penekanan bahwa orang MENINGGALKAN suatu wilayah tertentu, dan immigrate menekankan masuknya orang ke dalam wilayah tertentu. Migrate itu seperti travel/move, emigrate itu leave/go, dan immigrate itu arrive/come. Sekarang mari kita bahas satu per satu.

MIGRATE

Menurut kamus online Merriam-Webster, kata ini bermakna ‘travel atau move‘. Jadi, yang ditekankan adalah soal proses bergeraknya atau berpindahnya itu. Verba ini bisa digunakan untuk menjelaskan binatang (biasanya ikan atau burung dalam jumlah besar) atau manusia yang berpindah dari satu wilayah ke wilayah lain karena pergantian musim, wabah penyakit, atau makanan. Binatang atau manusia yang bermigrasi TIDAK harus tinggal secara permanen di tempat yang dituju.

Sobat mungkin pernah mendengar burung layang-layang (swallow bird) bermigrasi dari Eropa ke Afrika. Burung-burung ini berkembang biak di Eropa, dan kemudian bermigrasi ke Afrika untuk menghindari musim dingin. Atau burung Kedidi Leher Merah yang bermigrasi dari Siberia ke Nusa Tenggara. Demikian juga dengan burung Gajahan Besar yang bermigrasi dari Rusia ke Indonesia. Semua bentuk migrasi ini bersifat musiman dan sementara.

Sekali lagi, verba ini menekankan PERPINDAHAN dari satu titik ke titik lain. Verba ini TIDAK menekankan keluarnya si burung dari wilayah tertentu atau masuknya ke wilayah lain. Berikut adalah dua contoh kalimat menggunakan kata ini.

  • European swallows migrate by day and find food on the way. – Burung layang-layang Eropa bermigrasi di siang hari dan mendapatkan makanan di perjalanan.
  • Thousands of birds migrate every year for food. – Ribuan burung bermigrasi setiap tahun demi makanan.
  • More than 70000 Africans migrated to Malaysia in 2012. – Lebih dari 70000 orang Afrika bermigrasi ke Malaysia tahun 2012 lalu.

Apakah migrasi selalu melibatkan jumlah besar? Tidak juga. Sobat bisa juga mengatakan seseorang bermigrasi ke tempat lain karena alasan pekerjaan, misalnya, atau keluarga.

  • Andrew decided to migrate to New York for work. – Andrew memutuskan pindah ke New york karena pekerjaan.

EMIGRATE

Menurut kamus online Merriam-Webster, verba ini berarti ‘to leave one’s place of residence or country to live elsewhere‘ – ‘meninggalkan tempat bermukim atau negara untuk tinggal di tempat lain’. Jadi, kata ini bermakna keluar dari suatu tempat dan menetap (artinya secara permanen) di tempat lain. Verba ini hanya dipakai dengan subyek manusia. Maksudnya, hanya manusia yang bisa melakukan emigrasi, dan lazimnya dipakai dalam konteks perpindahan dari satu negara ke negara lain. Coba sobat perhatikan kalimat berikut:

  • His parents were Irish. A historical record indicates that his parents emigrated to America in 1755. – Orang tuanya berdarah Irlandia. Sebuah catatan historis mengindikasikan bahwa orang tuanya beremigrasi ke Amerika (dan menetap) tahun 1755.

Sobat tidak perlu bingung dengan penggunaan preposisi ‘to’ dalam kalimat tersebut. Yang paling penting adalah, kalau sobat menggunakan verba ini, yang ada dalam benak sobat (dan tentunya juga pendengar) adalah soal keluarnya (exit) dari negara asal, yang dalam konteks kalimat tersebut adalah Irlandia. Berikut adalah dua contoh lain:

  • At the age 25, my sister emigrated to Australia, and she is now a permanent resident. – Umur 25 saudara perempuan saya pindah ke Australia, dan sekarang menjadi penduduk tetap.
  • I decided to stay, but she preferred to emigrate. – Saya memutuskan untuk tetap tinggal, tetapi dia memilih untuk beremigrasi.

IMMIGRATE

Verba ini menurut kamus online Merriam-Webster berarti “to enter; to come into a country of which one is not a native for permanent residence” – “masuk ke sebuah negara untuk menjadi penduduk tetap”. Jadi, kata ini menekankan soal masuknya seseorang ke sebuah negara. Artinya, kalau sobat menggunakan kata ini, yang ada dalam benak sobat adalah masuknya seseorang ke suatu negara.

Contoh kalimat pertama pada penjelasan tentang kata emigrate di atas,

  • His parents were Irish. A historical record indicates that his parents emigrated to America in 1755

kata emigrate bisa saja diganti dengan kata immigrate, dengan CATATAN bahwa verba ini menekankan masuknya seseorang ke suatu negara atau wilayah, dalam hal ini Amerika. Berikut adalah dua contoh kalimat menggunakan verba ini:

  • Most of the population of this city had immigrated from Italy before 1900. – Sebagian besar penduduk kota ini melakukan imigrasi dari Italy sebelum tahun 1900.
  • His ancestors had immigrated to Massachusetts in 1676, from England. – Nenek moyangnya melakukan imigrasi ke Massachusetts tahun 1676, dari England.

Semoga membantu.

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *