Loosy-Goosy, Baby

By | February 12, 2021

Sobat pembaca setia, saya menemukan satu ungkapan menarik bernuansa kasual dalam sebuah film berjudul School of Rock, dan akan kita bahas dalam tulisan ini. Ungkapan yang saya maksud adalah loosey goosey (diucapkan lü-sē-ˈgü-sē). Ungkapan ini sering dipakai oleh penutur asli bahasa Inggris, terutama American English, dalam percakapan sehari-hari.  Kamus online Oxford menandai ungkapan ini sebagai ungkapan informal khas north American, dan mengatakan bahwa loosey-goosey berarti imprecise, disorganized, or excessively relaxed. Sementara itu, kamus online Merriem-Webster menyebutkan bahwa ungkapan tersebut berarti notably loose or relaxed not tense.

Jadi, menurut dua kamus online tersebut ungkapan ini berarti los, santai, relaks, dan di sisi yang ekstrim bisa juga berarti ceroboh. Tidak terlalu jelas asal mula ungkapan ini. Yang jelas ungkapan ini diucapkan oleh Dewey Finn, si gitaris amatir tokoh utama film komedi School of Rock kepada salah satu muridnya bernama Zack, yang juga anggota grup rock yang dia bentuk. Dalam adegan itu, mereka sedang berlatih memainkan satu lagu ciptaan Zack sebagai persiapan menghadapi kompetisi musik yang dalam film itu disebut ‘Battle of the Bands’.

Zack adalah gitaris cukup handal dalam grup itu, karena dia terbiasa memainkan komposisi musik klasik bersama teman-temannya yang lain dalam pelajaran musik. Dewey sedikit mengkritik gaya Zack, yang menurutnya sangat kaku seperti robot. Menurutnya, sebagai gitaris grup rock, dia harus lepas, los, tidak kaku dan tegang. Katanya kepada Zack,”Loosey-goosey, baby.” Kurang lebih artinya ‘Loskan (lepaskan, santai) saja bung’, supaya nanti di atas panggung kelihatan bagus.

Tetapi ungkapan ini juga bisa berarti los dan lepas dalam pengertian ekstrim. Misalnya, kalau Anda seorang murid, dan sangat sering telat masuk sekolah, itu artinya Anda ‘Loosey goosey about punctuality’ – los, longgar, ceroboh, tidak ambil pusing soal ketepatan waktu. Dalam bahasa keseharian, orang sering menyebut sikap yang seperti ini sebagai rem blong karena kendali diri kita sendiri begitu longgar seolah tidak punya rem. 

Berikut ini adalah dua contoh kalimat menggunakan ungkapan ini:

  • They might think we are relaxed, loosey-goosey, but we have a lot of discipline. – Mereka mungkin mengira kita itu santai, tidak teratur, tetapi kita sangat disiplin.
  • He is a loosey-goosey student who doesn’t really care about school. – Dia itu tipe murid santai yang tidak peuli dengan sekolah.
Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Warning: Illegal string offset 'subject' in /home/englishf/public_html/wp-content/plugins/spamlord/spamlord.php on line 86