Look for vs Seek

By | August 12, 2016

Sobat pembaca englishforsma.com, kali ini kita akan membandingkan look for dan seek. Kendati keduanya berarti ‘mencari’, masing-masing mempunyai konotasi makna berbeda. Look for adalah frasa yang sangat lazim digunakan dalam situasi keseharian, meskipun juga bisa ditemukan dalam situasi formal. Seek, sebaliknya, adalah kata yang formal.

Look for, sebagaimana dibahas dalam tulisan sebelumnya, digunakan ketika sobat mencari sesuatu yang hilang, sesuatu yang sobat butuhkan, sesuatu yang sobat perlukan dan ingin sobat beli, atau seseorang yang sobat butuhkan tetapi saat itu tidak berada di tempat. Phrasal verb ini biasanya digunakan ketika pencarian yang dilakukan bukanlah pencarian yang sulit dan intens. Sobat bisa membaca kembali bahasan kita tentang look for dan search for di link ini.

Lalu, bagaimana dengan seek? Kata ini termasuk dalam kategori kata kerja tidak beraturan. Bentuk past dan past participle nya sama, yakni sought. Sobat bisa menggunakan kata ini ketika sobat ingin berbicara tentang pencarian jangka panjang. Artinya, tujuan akhir pencarian ini akan tercapai dalam waktu yang cukup lama. Maka, kalau sobat ingin mengungkapkan sobat mencari pensil di saku, tidak pas jika sobat menggunakan kata ini: I sough a pencil in my pocket (X). Orang yang sobat ajak bicara akan memahami apa yang sobat katakan, tetapi terdengar janggal.

Coba perhatikan kalimat-kalimat ini:

  • We set out to seek treasure which is believed to have been abandoned by the Japanese. – Kami bertolak untuk mencari harta karun yang konon ditinggalkan oleh Jepang.
  • When you seek happines and find it, your life is complete. – Ketika kamu mencari kebahagiaan dan menemukannya, hidupmu menjadi lengkap.

Kata ini juga lebih lazim digunakan ketika sobat berbicara tentang mencari hal-hal yang sifatnya abstrak atau intangible.

  • The first thing you have to do after you arrive in the new place is to seek employment. – Hal pertama yang harus kamu lakukan setelah kamu tiba di tempat baru itu adalah mencari pekerjaan.
  • People believe that to seek wisdom is more valuable than to seek knowledge. – Orang percaya bahwa mencari pengetahuan.

Frasa-frasa dengan kata seek berikut ini lazim digunakan: seek wisdom, seek job, seek advice, seek knowledge, seek help, seek guidance, seek fortune, dan lain-lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *