Look for vs Search for

By | August 7, 2016

Sobat pembaca, pokok bahasan kita kali ini adalah dua frasa yang dalam bahasa Indonesia sama-sama diartikan ‘mencari’, yakni look for dan search for.  Ada perbedaan dalam hal konotasi makna  dan gramatika. Mari kita bahas satu per satu frasa-frasa ini.

Look for adalah phrasal verb dan dalam hal ini kata for tidak bisa dilepaskan dari look dan keduanya membentuk kesatuan makna. Sementara itu, search dan for bisa dipisah.

LOOK FOR

Sobat pembaca, phrasal verb ini berarti mencari. Obyek yang dicari biasanya sesuatu (misalnya, kunci motor, STNK, dompet, flash disk, dan lain-lain) yang hilang, atau sesuatu yang sobat perlukan. Atau, bisa juga seseorang yang sedang sobat butuhkan dan ingin sobat temui, ketika, misalnya, sobat ingin menanyakan sesuatu atau meminta bantuan tertentu.

Sobat bisa membayangkan saat sobat tengah mencari kunci motor yang entah bagaimana tidak bisa sobat temukan di tempat biasanya, dan mungkin itu karena Anda lupa di mana  menaruhnya. Untuk mencari kunci motor tentu Anda tidak perlu menggunakan pendekatan, strategi, atau metode tertentu.

Atau, sobat bisa membayangkan ketika sobat sedang mencari-cari barang yang Anda butuhkan/perlukan saat belanja.

Atau sobat bayangkan ketika sobat sedang mencari adik atau kakak yang tidak ada di tempat ketika sobat membutuhkan mereka dan ingin menemui mereka, dan bukan karena mereka hilang.

Penutur asli bahasa Inggris menggunakan frasa ini untuk konteks-konteks pencarian semacam itu. Dan tentu, meskipun sobat ingin menemukan sesuatu atau seseorang itu, pencarian itu bukanlah pencarian yang serius dan membutuhkan pendekatan atau metode tertentu. Bukan pula pencarian yang membutuhkan upaya yang sangat keras untuk melakukannya. Perhatikan contoh-contoh berikut ini:

  • Do you look for a particular brand when you go shopping? – Apakah Anda mencari merek tertentu ketika berbelanja? Do you search for a particular brand (X).
  • I went to the beach to look for shells. – Saya pergi ke pantai untuk mencari kerang.
  • Where is John? I’ve been looking for him all day! – Di mana John? Saya mencarinya sepanjang hari.
  • I’ve been looking everywhere in the house for my wallet. Can you help me find it? – Saya sudah cari-cari di mana saja dompet saya. Kamu bisa membantu menemukannya?

SEARCH FOR

Frasa ini juga berarti mencari. Tetapi, penutur asli akan menggunakan frasa ini untuk berbicara tentang pencarian yang serius dan membutuhkan upaya keras, teliti dan seksama. Sobat bisa membayangkan, misalnya, ketika TIM SAR mencari korban kecelakaan pesawat yang jatuh di laut. Tentu ini bukan pencarian yang main-main, dan diperlukan upaya yang sistematis untuk melakukannya.

Contoh tersebut mungkin terlalu ekstrim. Sobat bisa juga mencari tanda-tanda kemarahan atau kejengkelan di wajah seseorang. Tentu pencarian semacam ini tidak seserius pencarian korban pesawat jatuh di laut, tetapi tetap saja membutuhkan usaha ekstra dan kejelian. Intinya begini. Sobat silakan gunakan search for kalau sobat ingin berbicara tentang pencarian yang sulit dan serius, jauh lebih sulit dan lebih serius ketimbang mencari pensil atau dompet hilang.

Sobat bisa search suatu tempat, seseorang, atau sesuatu untuk menemukan sesuatu. Dengan kata lain, sobat ingin menemukan sesuatu dengan cara search tempat/area, seseorang, atau sesuatu. Jadi, yang sobat search  itu bukan obyek yang sobat ingin temukan. Perhaikan contoh-contoh kalimat berikut:

  • The rescue team have been searching Bali Strait for bodies of the plane crash victims. – Tim SAR telah menyisir Selat Bali untuk menemukan jenazah korban pesawat jatuh.
  • The police searched the forest all night long for the missing boy. – Polisi menyisir hutan untuk menemukan anak laki-laki yang hilang itu.
  • I was searching his face for signs of anger and hatred. – Saya meneliti wajahnya untuk menemukan tanda-tanda kemarahan dan kebencian.
  • The customs officer searched the man for drugs. – Petugas bea cukai menggeledah pria itu

Semoga membantu.

 

One thought on “Look for vs Search for

  1. Pingback: Look for vs Seek – englishforsma.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *