Living Room vs Family Room: Beda Apa Sama?

By | May 9, 2022

Dua istilah ini merujuk pada jenis ruang dalam rumah. Sama atau beda sih sebenarnya? Bisa sama bisa beda, tergantung gaya hidup pemilik rumah. Meskipun begitu, secara tradisional dua istilah tersebut sebenarnya merujuk pada dua macam ruang yang berbeda. Mari kita bahas.

LIVING ROOM

Secara tradisional, yang disebut living room itu ruang tamu. Fungsi utamanya adalah untuk menerima dan menjamu tamu atau sanak saudara dari keluarga besar (extended family). Jadi, kalau ada tamu atau sanak saudara datang berkunjung, mereka lazimnya diterima di living room. Secara tradisional, ruang ini dipandang sebagai jenis ruang yang formal, dan hanya digunakan pada saat-saat tertentu saja. Ruang ini lazimnya diletakkan di area depan, sesuai dengan fungsinya, yaitu menerima dan menjamu orang-orang di luar keluarga inti.

Konsep tentang living room ini masih dapat dijumpai di rumah-rumah yang dimiliki oleh keluarga-keluarga yang konservatif. Mereka secara tegas membedakan antara living room dan family room.

FAMILY ROOM

Seperti namanya, yang disebut family room adalah ruang keluarga. Berbeda dengan living room, ruang ini berfungsi sebagai tempat anggota keluarga bersantai, berkumpul dan bercengkerama, mengobrol, nonton TV, bahkan makan minum, dan aktivitas keluarga lainnya. Pendeknya, ini ruang untuk bersantai, maka suasananya pun tidak formal. Karena tidak diperuntukkan bagi tamu, ruang ini lazimnya berada di area belakang.

Bagaimana dengan konsep sekarang? Sekali lagi tergantung pemilik rumah. Kalau sobat mempunyai rumah dengan ukuran cukup luas dengan beragam ruangan, tentu sangat mungkin bagi sobat untuk membuat living room dan family room sebagai dua ruang yang terpisah. Atau, kalau sobat lebih menyukai konsep rumah terbuka, sobat tidak perlu membuat dua ruang terpisah, tetapi cukup mengatur letak meja dan kursi sedemikian rupa sehingga menjadi dua area berbeda di ruangan terbuka yang sama, yang hanya dipisahkan oleh jarak. Dua area berbeda itu bisa diidentifikasi dari tata letak ruang.

Tetapi, kalau sobat tidak mempunyai lahan yang cukup luas, dan dengan demikian harus menghemat tempat, sobat bisa membuat 1 ruang saja baik untuk tamu dan sanak saudara maupun anggota keluarga inti. Dalam hal ini, teserah sobat mau menyebut ruang itu living room atau family room. Kalau ini yang terjadi, tidak ada perbedaan yang berarti antara living room dan family room.

Author: Noeg

English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

17 − eleven =