Like vs Such as: Beda atau Sama?

By | June 18, 2016

Sobat pembaca, like dan such as sebenarnya mempunyai makna yang berbeda, meskipun banyak orang, bahkan ahli tata bahasa, menganggap keduanya bisa dipertukarkan dalam penggunaan sehari-hari dan tak ada perbedaan makna yang signifikan. Dan dalam hal ini, like dianggap lebih enak didengar dan terasa informal ketimbang such as. Mari kita bahas satu per satu.

LIKE

Kata ini berarti ‘seperti’. Jadi, kata ini digunakan untuk menggambarkan kemiripan antara satu hal dengan hal lain, dan ini mengisyaratkan bahwa pengguna kata ini sedang membandingkan antara satu hal dengan hal lain.

  • I am a big fan of action movies like Die Hard and Lethal Weapon. – Saya penggemar film-film seperti Die Hard dan Lethal Weapon.
  • My girl friend enjoys listening to pop songs like Sandiwara Cinta, Bunga Terakhir, and Lentera Cinta. – Pacar saya suka mendengarkan lagu-lagu pop seperti Sandiwara Cinta, Bunga Terakhir, dan Lentera Cinta.

Kalimat pertama tidak sedang berbicara tentang film action berjudul ‘Die Hard’ dan ‘Lethal Weapon’, tetapi film-film aksi LAIN yang sejenis, mirip, seperti kedua film ini, dan judul film aksi yang disebut itu tidak termasuk film-film yang saya sukai. Apakah ada kemungkinan Anda menyukainya? Tentu ada. Pasti suka? Belum tentu.

Demikian juga dengan contoh kedua. Lagu-lagu yang disebutkan dalam kalimat itu sebenarnya BUKAN termasuk lagu yang disukai pacar saya. Kalimat itu menyatakan bahwa dia menyukai lagu-lagu pop yang MIRIP ATAU SEJENIS dengan lagu-lagu itu. Apakah ada kemungkinan dia menyukai lagu-lagu itu? Ya, tentu ada. Pasti suka? Belum tentu.

SUCH AS

Frase ini berarti ‘for example’ atau misalnya. Kalau sobat menggunakan frase ini, sobat sedang memberi contoh. Coba perhatikan kalimat-kalimat berikut:

  • Superhero movies such as The Dark Night, Superman Returns, Captain America: Winter Soldier, and Wonder Woman are worth seeing. – Film-film superhero misalnya The Dark Night, Superman Returns, Captain America: Winter Soldier, dan Wonder Woman layak ditonton.
  • Joni has visited several Australian cities such as Adelaide, Sydney, Melbourne, and Darwin. – Joni telah mengunjungi beberapa kota Australia misalnya Adelaide, Sydney, Melbourne, dan Darwin.

Kalimat pertama mengisyaratkan bahwa film-film superhero yang disebut termasuk dalam film-film yang layak tonton. Jika sobat mengatakan kalimat itu, sobat sedang mengatakan bahwa film-film itulah yang layak tonton, BUKAN film-film superhero lain yang sejenis atau mirip dengan film-film yang disebut itu.

Kalimat kedua mengisyaratkan bahwa kota-kota yang disebut masuk dalam daftar kota-kota Australia yang pernah dikunjungi Joni. Kalimat ini tidak sedang berbicara tentang kota-kota Australia lain yang mirip atau seperti kota-kota yang disebutkan itu.

Tetapi sekali lagi, dalam praktik sehari-hari seringkali orang akan menggunakan like ketimbang such as dalam kalimat-kalimat seperti di atas. Tetapi, kiranya baik jika sobat menyadari perbedaan makna di antara kedua ungkapan ini.

Semoga membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *