Lie vs Lay

By | February 7, 2016

Sobat pembaca, tidak mengherankan jika kedua kata tersebut termasuk kata-kata yang sering membuat orang yang sedang belajar bahasa Inggris bingung. Lie dan lay mempunyai kemiripan bunyi, dan mempunyai keterkaitan makna, meskipun tidak bisa dikatakan keduanya mempunyai kedekatan makna. Dari sisi makna, keduanya sama sekali berbeda. Yang lebih membingungkan lagi, bentuk lampau dari kedua kata ini sama. Sekarang mari kita bahas satu per satu.

LIE

Kata ini adalah kata kerja bentuk dasar. Bentuk keduanya (past simple) adalah lay, dan bentuk ketiganya (past participle) adalah lain, sementara bentuk present participlenya (-ing) adalah lying.

Kata ini memang bisa berarti berbohong (dengan makna ini, bentuk past simple dan past participle berbeda) tetapi bukan lie dalam arti ini yang kita bicarakan. Kita membicarakan kata ini dalam pengertian berbaring (posisi horisontal), atau terletak. Kata ini termasuk kata kerja intransitive, yaitu kata yang TIDAK membutuhkan obyek. Dan persis di sinilah letak perbedaan antara lie dan lay. Coba sobat perhatikan contoh-contoh kalimat berikut:

  • She was lying on the bed while watching the History Channel. – Dia berbaring di tempat tidur sembari menonton Saluran History. Dalam kalimat ini sobat bisa melihat dengan jelas bahwa kata lie tidak mempunyai atau membutuhkan obyek.
  • The little town lies between the hills. – Kota kecil itu terletak di antara bukit-bukit itu.

Jadi, yang perlu diingat adalah bahwa kata lie TIDAK membutuhkan obyek apapun.

LAY

Kata lay adalah kata kerja bentuk dasar. Bentuk kedua dan ketiganya (past simple dan past participle) adalah laid, sementara bentuk present participlenya (-ing) adalah laying.

Berbeda dengan lie, kata ini berarti membaringkan atau meletakkan, dan oleh karena itu kata lay termasuk transitive, yakni kata yang mempunyai obyek, dan harus mempunyai obyek. Coba sobat pembaca perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • I laid the books on the table. – Saya meletakkan buku-buku itu di atas meja.
  • I laid myself on the bed. – Saya membaringkan diri di atas tempat tidur. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *