Let’s Crowdfund To Raise Money!

By | March 30, 2018

Tahun 2011 yang lalu, ada kata baru yang secara resmi masuk ke dalam perbendaharaan kata bahasa Inggris: crowdfund. Kata ini termasuk dalam kategori verba atau kata kerja. Bentuk nominanya adalah crowdfunding. Kamus etimologi menyebutkan bahwa kata ini berasal dari dua kata, yakni nomina crowd yang berarti kerumunan dan verba fund yang berarti mendanai.

Kamus online Collins Dictionary mendefinisikan kata ini sebagai berikut: Crowdfunding is when a large number of people each give an amount of money to pay for a project, especially by using a website to collect the money. Secara sederhana, kata ini merujuk pada praktek mendanai sebuah proyek dengan mengumpulkan dana dari sejumlah besar orang melalui website, dan masing-masing orang memberikan sejumlah uang yang relatif kecil.

Kata crowdfund sendiri kabarnya diciptakan oleh Michael Sullivan pada 2006 ketika dia meluncurkan website yang dia harapkan menjadi wadah bertemunya orang-orang yang mempunyai ide-ide kreatif dengan khalayak yang berminat untuk mendanai. Meskipun upayanya gagal, konsep yang dia tawarkan, yakni mengumpulkan dana dari banyak orang melalui internet untuk mendanai proyek-proyek kreatif, beberapa tahun kemudian ditangkap oleh orang lain yang kemudian meluncurkan Kickstarter, dan sejak saat itulah kata ini populer dan digunakan banyak orang, meskipun belum secara resmi dicatat dalam kamus.

Sebagai kata atau istilah memang tergolong baru, tetapi konsep crowdfunding sendiri sudah lama, tentunya dengan media yang lebih sederhana dibanding sekarang. Konsep mengumpulkan dana dari banyak orang sebagaimana disebutkan dalam kamus sudah dimulai sejak tahun 1700 an di Irlandia. Dalam era modern, konsep ini dimulai oleh Michael Sullivan tahun 2006, kemudian diadopsi oleh Indiegogo tahun 2008, kemudian Kickstarter tahun 2009. Konsep ini kemudian didukung penuh oleh pemerintah Amerika Serikat di bawah Presiden Obama tahun 2011.

Berikut adalah dua contoh kalimat menggunakan kata ini:

  • He started a crowdfunding campaign a month ago to raise money for the charity project. – Ia memulai kampanye pendanaan melibatkan banyak orang sebulan lalu untuk mengumpulkan uang bagi proyek amal itu.
  • This project needs a huge amount of money, so let’s try crowdfunding it and get our fingers crossed. – Proyek ini membutuhkan dana sangat besar, maka mari kita coba danai (dengan melibatkan publik) dan berharap semoga berhasil.

Semoga membantu.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *