Leave vs Go

By | June 13, 2016

Sobat pembaca, kali ini topik bahasan kita adalah dua kata yang sangat sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, yaitu leave dan go. Dua kata kerja ini termasuk kata kerja tak beraturan. Bentuk kedua (past tense) dan ketiga (past participle) dari leave adalah left, sedangkan bentuk kedua dan ketiga dari go adalah masing-masing went dan gone.

LEAVE

Kata ini diartikan berangkat atau meninggalkan dalam bahasa Indonesia. Berangkat atau meninggalkan berarti bergerak menjauh dari tempat atau lokasi sekarang. Jika seseorang meninggalkan rumah, ia bergerak menjauh dari rumahnya. Kalau kereta api berangkat, itu artinya kereta bergerak menjauh dari stasiun.

Maka, kalau sobat menggunakan kata leave, fokus pembicaraan sobat bukan pada tempat tujuan atau destinasi, tetapi tempat yang sekarang. Coba sobat perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • When I was six, I tried to find all ways not to leave home. I found school to be a scary place.. – Waktu saya usia enam tahun, saya mencoba semua cara untuk tidak meninggalkan rumah. Menurut saya sekolah adalah tempat menakutkan.
  • She left home at six this morning. – Dia meninggalkan rumah pukul enam pagi imi.
  • When are you leaving? – Kapan kamu berangkat?

GO

Kata ini berarti pergi. Ketika sobat menggunakan kata ini, fokus pembicaraan sobat pada tempat tujuan, bahwa seseorang bergerak menuju tempat tujuan. Tentu saja, ketika seseorang pergi ke suatu tempat, ia juga sedang bergerak menjauh dari tempatnya sekarang. Tetapi, BUKAN itu fokusnya. Coba sobat perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • He goes to school early so that he can catch a bus. – Ia pergi ke sekolah pagi-pagi supaya ia bisa naik bus. He leaves to school (X).
  • We went to the zoo by bus. – Kami pergi ke kebun binatang naik bus. We left to the zoo (X).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *