Learn vs Learn About: Beda Apa Sama?

By | February 15, 2020

Sobat pembaca, kali ini topik yang diangkat adalah satu verba yang digunakan dengan cara berbeda, sehingga mempunyai makna berbeda pula. Verba yang dimaksud adalah learn. Verba ini bisa digunakan dengan dua cara. Pertama, digunakan tanpa diikuti preposisi about, dan kedua, digunakan bersama-sama dengan about. Sama atau beda? Mari kita bahas.

LEARN

Kata ini pernah dibahas sebelumnya, dan sobat bisa membaca ulang penjelasan tentang kata kerja ini di link ini. Menurut kamus kata ini mempunyai beberapa arti. Tetapi, secara umum verba ini berarti menguasai (keterampilan tertentu) atau mendapatkan informasi tentang sesuatu.

Ketika digunakan tidak bersama-sama dengan preposisi about, verba ini termasuk dalam kategori verba transitif, artinya membutuhkan obyek. Ketika berfungsi sebagai verba transitif dan diikuti obyek langsung, verba ini berarti  belajar untuk menguasai keterampilan tertentu melalui pengalaman atau studi. Jadi, kata kuncinya adalah penguasaan akan sesuatu. Maksudnya, if you learn a language, misalnya,  itu berarti sobat belajar untuk menguasai suatu bahasa (mampu berbicara dan memahami apa yang dibicarakan), dan bukan sekedar mendapatkan informasi mengenai suatu bahasa. Perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • We are going to learn new topics this semester. – Kita akan belajar (supaya mampu menguasai benar-benar) topik-topik baru semester ini.
  • We are learning English as a foreign language. – Kami belajar (supa mampu mengusai benar-benar) bahasa Inggris sebagai bahasa asing.
  • Teachers should encourage students to learn strategies for reading comprehension. – Guru mesti mendorong murid untuk belajar (supaya menguasai) strategi-strategi untuk memahami bacaan.

LEARN ABOUT

Ketika verba learn digunakan bersama-sama dengan about, maknanya sama sekali berbeda. Learn about berarti gain information about something – memperoleh informasi tentang sesuatu. Dan tentu itu berarti tidak mendalam, karena tidak sampai pada penguasaan. Jadi, if you learn about a language, you gain information about it. Sobat hanya memperoleh informasi tentang bahasa itu, dan tidak akan sampai pada penguasaan keterampilan atau kemampuan menggunakannya.

Coba kita gunakan dua contoh yang sama di atas, dan menambahkan preposisi about di belakang verba learn:

  • We are going to learn abaut new topics this semester. – Kita akan belajar (dalam pengertian mendapatkan informasi) tentang topik-topik baru semester ini. Yang dimaksud informasi tentang topik-topik baru adalah, misalnya, informasi mengenai apa saja topiknya, kapan topik-topik itu akan disampaikan/dipelajari, siapa yang menyampaikan, dan lain sebagainya.
  • We are learning about English as a foreign language. – Kita sedang belajar (dalam pengertian mendapatkan informasi) tentang bahasa Inggris sebagai bahasa asing. Informasi yang dimaksud adalah, misalnya, apa yang dimaksud dengan bahasa Inggris sebagai bahasa asing, pendekatan pembelajarannya seperti apa, dan sebagainya. Kalimat ini sama sekali tidak terkait dengan menguasai keterampilan berbahasa Inggris dan menggunakannya.
  • Teachers should encourage students to learn about strategies for reading comprehension. – Guru-guru mestinya mendorong murid untuk belajar tentang strategi-strategi memahami bacaan. Sama seperti dua kalimat sebelumnya, kalimat ini tidak mengisyaratkan adanya penguasaan strategi-strategi itu dan keterampilan menggunakan strategi-strategi tersebut.

 

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *