Site icon englishforsma.com

Kill, Murder, dan Assassinate: Apa Bedanya?

Sobat pembaca, kali ini kita akan bahas tiga kata: kill, murder, dan assassinate. Ketiganya berfungsi sebagai kata kerja (verb). Masing-masing mempunyai bentuk kata benda (noun):kill, murder, dan assassination.

Ketiga kata tersebut mempunyai kesamaan makna, yakni menghilangkan nyawa makhluk hidup. Kata kill barangkali bisa dipisahkan dari murder dan assassinate,  sementara dua kata terakhir bisa dikelompokkan jadi satu. Assassinate adalah bentuk dari murder. Segala tindakan yang dikategorikan assassinate adalah murder, tetapi TIDAK sebaliknya.

KILL

Kata kill berarti membunuh, menyebabkan kematian. Kamus online http://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/kill mendefinisikan kill sebagai ‘to cause someone or something to die’ – menyebabkan seseorang atau sesuatu mati.

Menurut definisi tersebut, obyek kata kill tidak hanya manusia, tetapi juga makhluk hidup lain, bahkan termasuk bakteri atau virus. Inilah persisnya salah satu perbedaan mendasar antara kill dan murder/assassinate, yang hanya bisa diterapkan untuk obyek manusia.

Yang sobat perlu pahami adalah, dengan obyek manusia, kata kill berarti membunuh tanpa rencana. Pelaku bisa saja melakukan tindakan ini dengan sengaja, tetapi tindakan itu TIDAK DIRENCANAKAN SEBELUMNYA. Pelaku tidak berpikir dengan apa, bagaimana, kapan, dan di mana ia akan melakukan tindakan ini.

MURDER

Kata ini berbeda dengan kill. Kata murder berarti menghilangkan nyawa orang dengan sengaja dan dilakukan secara terencana. Artinya, pelaku sudah memikirkan dengan apa, bagaimana, kapan, dan di mana ia akan melakukan tindakan kejahatan ini.Dalam pikiran pelaku sudah ada semacam skenario.

Kata murder hanya digunakan dengan obyek manusia. You don’t murder an animal. Inilah perbedaan mendasar antara murder dan kill.

ASSASSINATE

Kata assassinate sebenarnya mempunyai pengertian yang sama dengan murder, yakni menghilangkan nyawa orang dengan sengaja dan terencana. Tetapi, kata ini umumnya digunakan dengan obyek orang-orang terkenal atau tokoh-tokoh terkemuka yang mempunyai jabatan atau peran dalam sebuah organisasi atau gerakan, dan biasanya terkait dengan alasan politis.

Ketika John Lennon ditembak mati di lorong pintu masuk tempat tinggalnya, he was murdered. Tetapi, ketika John F. Kennedy, presiden ke 35 Amerika Serikat yang sangat terkenal itu ditembak mati di Dallas, he was assassinated.

Jadi, yang membedakan murder dan assassinate adalah obyek tindakan ini. Murder bisa menyangkut obyek siapapun, tetapi assassinate hanya digunakan dengan obyek tokoh-tokoh terkemuka dengan alasan politis.

Exit mobile version