Site icon englishforsma.com

Just vs Only: Sama atau Beda?

Sobat pembaca, dua kata yang menjadi topik bahasan kita kali ini, just dan only, mempunyai persilangan makna. Dalam banyak situasi keduanya bisa dipertukarkan, tetapi tidak selalu. Ketika sobat menggunakan only dalam sebuah kalimat, sobat bisa menggunakan kata just. Mari kita bahas makna masing-masing kata untuk memahami perbedaan dan persamaannya.

Menurut http://dictionary.cambridge.org/dictionary/english/just, kata just digunakan untuk menegaskan dan mengatakan bahwa sesuatu terjadi sekarang, saat ini, segera, atau baru saja. Jadi fungsi utama kata ini sebenarnya untuk memberi penegasan. Selain itu, kata ini juga bisa berarti ‘hanya’.

A. Sekarang (now) atau Segera (very soon)

Dengan makna ini, kata ini merujuk pada peristiwa-peristiwa yang terjadi sekarang atau segera terjadi nanti (future). Coba perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

 B. Baru saja (recently, a short time ago)

Dengan makna ini, kata ini merujuk pada peristiwa-peristiwa yang terjadi belum lama ini, baru saja terjadi (past). Perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

Dalam konteks ini, kata only TIDAK bisa menggantikan.

C. Hanya 

Menurut http://www.macmillandictionary.com/dictionary/british/just_1, makna ‘hanya’ berarti tidak lebih dari jumlah atau jarak tertentu, tidak lebih baik atau buruk atau lebih penting, dan lain-lain, dari yang Anda sebutkan. Kata ini juga berarti tidak melibatkan apapun yang lain lebih dari yang Anda sebutkan.

Nah, dalam konteks inilah sobat bisa juga menggunakan kata only.

Exit mobile version