Its vs It’s: Perbedaan Kecil Yang Membingungkan

By | December 30, 2015

Senang bisa menyapa kembali sobat semua. Banyak dari kita sulit membedakan dua kata yang sebenarnya memang berbeda ini: its dan it’s. Kebetulan bunyinya sama, hurufnya pun sama. Satu-satunya perbedaan yang tampak adalah tanda ‘ yang memisahkan it dan s. Karena alasan ini, dua kata ini sering tertukar dalam penggunaan.

ITS

Kata ini termasuk dalam kategori possessive pronoun, kata ganti orang ketiga tunggal yang menunjukkan kepemilikan, dan digunakan untuk menunjukkan kepemilikan untuk benda atau hewan. Coba sobat pembaca perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

  • The Cendrawasih of Papua is often called the bird of paradise for its beautiful and colorful feathers.  – Burung Cendrawasih sering disebut burung surga karena keindahan bulu-bulunya yang berwarna-warni. Kata its menggantikan Cendrawasih, untuk menegaskan bahwa bulu-bulu yang berwarna-warni itu MILIK burung Cendrawasih.
  • I love the novel that you gave me last week. Its title I believe has successfully caught the readers’ attention. Saya suka novel yang kamu berikan minggu lalu. Judulnya – saya percaya – telah berhasil memikat perhatian pembaca. Kata its menggantikan kata novel, dan digunakan untuk menunjukkan bahwa judul itu adalah MILIK novel tersebut.

IT’S

It’s adalah kependekan dari it is, dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan kepemilikan. Banyak orang menganggap it’s sebagai kata ganti milik (possessive pronoun) karena memang salah satu cara untuk menunjukkan kepemilikan adalah menggunakan ‘s. Tapi, bukan yang ini. Coba sobat pembaca lihat kalimat-kalimat berikut ini:

  • It’s a beautiful Sunday. Kalimat ini sama dengan It is a beautiful Sunday. Ini hari Minggu yang indah.
  • It’s very kind of you to give me such a warm welcome. Kalimat ini sama dengan It is very kind of you to give me such a warm welcome.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *