Involved in vs Involved with

By | January 13, 2019

Sobat pembaca setia, ini adalah artikel pertama di tahun 2019. Kali ini topik yang diangkat adalah verba involved dalam konstruksi pasif. Kata ini berarti ‘terlibat’ dalam bahasa Indonesia, dan didahului oleh to be (misalnya, am, is, are, was, were – am involved, is involved) atau get (misalnya, get involved). Sobat mungkin pernah bertanya-tanya, apakah verba ini harus diikuti in atau with? Sebenarnya baik preposisi in maupun with bisa digunakan setelah kata involved. Kalau sobat melihat ke dalam kamus, memang benar demikian. Tetapi, perlu sobat pahami bahwa masing-masing preposisi tersebut membawa makna berbeda.

INVOLVED IN

Frasa ini diartikan terlibat dalam sesuatu. Frasa ini lebih lazim digunakan ketika sobat berbicara tentang kerja atau aktivitas. Kalau sobat menggunakan frasa ini, sobat sedang mengatakan bahwa seseorang berpartisipasi  (atau sesuatu terlibat) secara langsung dalam kerja atau aktivitas tersebut, entah karena inisiatif pribadi atau karena diperintahkan oleh pihak yang mempunyai otoritas. Coba perhatikan contoh-contoh berikut:

  • Professor Ang has been involved in the archeological excavation project for years. – Profesor Ang telah terlibat dalam proyek penggalian arkeologis tersebut selama bertahun-tahun.
  • My daughter is involved in preparing the third graders for the dance performance. – Anak perempuanku terlibat dalam mempersiapkan anak-anak kelas 3 untuk pentas tari itu.
  • I have been involved in the preparation of an international conference for the last two years. – Saya telah terlibat dalam persiapan konferensi internasional selama dua tahun terakhir.
  • If you hope for a big change, you should get involved in the struggle! – Jika kamu mengharapkan perubahan besar, kamu harus terlibat dalam perjuangannya!

Kalimat pertama mengisyaratkan bahwa Profesor Ang telah berpartisipasi aktif, terjun secara langsung dan intensif, serta terus menerus, dalam penggalian arkeologis tersebut. Pikiran, tenaga, dan raganya terpusat pada penggalian tersebut. Keterlibatannya dinamis, tidak statis.

Begitu juga dengan kalimat kedua. Kalimat ini mengisyaratkan bahwa anak perempuan saya berpartisipasi secara langsung, aktif dan intensif dalam persiapan pentas, entah sebagai salah satu anggota panitia, atau bahkan mungkin pelatih tari. Sekali lagi, keterlibatan yang DINAMIS, tidak statis. Dengan kata lain, anak perempuan saya terjun langsung dan terus menerus dalam persiapan pentas tersebut. Contoh kalimat ketiga mengisyaratkan makna serupa.

INVOLVED WITH

Frasa ini mempunyai makna berbeda. Memang diartikan ‘terlibat’, tetapi ‘terlibat’ dalam pengertian berelasi, berhubungan, atau terkait saja. Lazimnya, frasa ini digunakan untuk mengatakan bahwa seseorang terlibat dalam pengertian berelasi, berhubungan, berurusan, atau berkaitan dengan sesuatu atau – lebih lazim – seseorang. Dan sifat relasi atau hubungannya STATIS, tidak dinamis. Frasa involved with juga sering dikuti gerund verb+ing. Coba bandingkan dua kalimat berikut:

  • My daughter is involved in preparing the third graders for the dance performance. – Anak perempuan saya terlibat dalam mempersiapkan anak-anak kelas tiga untuk pentas tari itu.

Kalimat di atas mengisyaratkan keterlibatan yang sangat aktif, dinamis, intensif dan terus menerus, dan anak perempuan saya terjun langsung di dalamnya.

  • My daughter is involved with preparing the third graders for the dance performance. – Anak perempuan saya terkait dengan persiapan anak-anak kelas tiga untuk pentas tari itu.

Contoh kalimat ini mengisyaratkan keterlibatan yang statis, tidak dinamis. Maksudnya, anak perempuan saya tidak terjun langsung secara aktif dalam persiapan itu. Anak perempuan saya memang melakukan sesuatu, tetapi dia tidak secara langsung menyiapkan anak-anak itu. Misalnya, dia membantu mencarikan tempat rias atau tempat sewa kostum. Atau, dia membantu menyiapkan konsumsi. Nah, itu yang dimaksud dengan involved with.

Berikut adalah contoh-contoh lain, terkait dengan seseorang, bukan kerja atau aktivitas:

  • Don’t get involved with the people. They are very dangerous. – Jangan berurusan/berhubungan dengan orang-orang itu. Mereka berbahaya. Don’t get involved in the people (X)
  • He was involved with some writers in the publication of the new history book. – Dia berhubungan/berurusan dengan beberapa penulis dalam penerbitan buku sejarah baru itu. He was involved in some writers (X).

Semoga membantu.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *