Inside vs Within: Cermati Bedanya!

By | February 16, 2021

Sobat pembaca, dua kata yang kita bahas kali ini – inside dan within – memang membingungkan. Kalau sobat membuka kamus, sobat akan mendapati bahwa keduanya sinonim. Kamus online Merriam Webster Dictionary, misalnya, mendefinisikan kata within sebagai inside. Tetapi, seperti halnya dua kata sinonim lainnya, ada konteks tertentu ketika keduanya bisa saling menggantikan, dan ada konteks lain ketika sobat hanya bisa menggunakan salah satu.

Perbedaan dalam hal kelas kata kiranya akan membantu untuk membuat distingsi antara kedua kata tersebut. Kata inside bisa berfungsi sebagai nomina dan, oleh karena itu, bisa juga sebagai ajektiva, sementara kata within tidak mempunyai fungsi itu. Kata inside sebagai nomina berarti bagian dalam dari sesuatu. Dalam konteks ini, keduanya tidak bisa saling menggantikan. Coba bandingkan dua kalimat di bawah ini.

  • How often do you clean the inside of your car? – Seberapa sering kamu membersihkan bagian dalam mobilmu? Dalam kalimat ini kata inside berfungsi sebagai nomina.
  • How often do you clean the within of your car? (X)
  • You can find the news about the bank robbery on the inside pages of the newspaper you are reading. – Kamu bisa temukan berita tentang perampokan bank itu di halaman dalam koran yang sedang kamu baca. Dalam kalimat ini kata inside berfungsi sebagai ajektiva.
  • You can find the news about the bank robbery on the within pages of the newspaper you are reading. (X)

Di sisi lain, kata inside dan within bisa sama-sama berfungsi sebagai preposisi, dengan makna berbeda. Inside mengisyaratkan ada pergerakan dari luar ke dalam, sementara within erat kaitannya dengan batas. Coba bandingkan dua kalimat berikut ini:

  • She walked inside the bank. – Dia berjalan masuk ke dalam bank. Kalimat ini berarti dia berjalan dari luar ke  dalam bank. Ada transisi/pergerakan dari luar ke dalam.
  • She walked within the bank. – Dia berjalan hanya di dalam bank saja, tidak ke mana-mana, seolah-olah dia dibatasi geraknya hanya di dalam bank.

Nah, ketika berbicara tentang lokasi keberadaan seseorang atau sesuatu, ada perbedaan mendasar antara kedua kata tersebut. Inside dipakai ketika seseorang atau sesuatu berada dalam ruangan, sementara kata within memberi penegasan tentang batas, yang dalam bahasa Indonesia bisa diartikan ‘dalam rentang …’. Makna ini tidak dipunyai oleh inside. Maka, kata within digunakan dalam frasa-frasa berikut ini:

  • It all happened within seconds. – Semua itu terjadi dalam sekian detik. Artinya, terjadi sangat cepat. Ukuran waktu ini menjadi batas.
  • The church is within walking distance. – Gereja itu dekat letaknya (dalam jarak yang bisa ditempuh dengan jalan kaki). Jarak tempuh ini menjadi batas.
  • She is standing close to me, almost within arm’s reach. – Dia berdiri dekat dengan saya, dalam jangkauan tangan.

 

 

 

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *