Site icon englishforsma.com

Ini Perbedaan Able dan Capable

Sobat pembaca, topik bahasan kita kali ini adalah dua ajektifa yang dalam bahasa Indonesia sering diartikan ‘bisa’ atau ‘mampu’. Dua kata sifat tersebut adalah able dan capable. Kata pertama lazim diikuti to infinitive, sementara kata kedua lazim diikuti of + verb-ing. Itu perbedaan terkait penggunaannya dalam kalimat.

Bagaimana dengan makna? Apakah ada perbedaan? Dalam banyak konteks, keduanya bisa dipertukarkan dan mempunyai arti yang sama. Mari kita bahas satu per satu.

ABLE

Kata ini berarti ‘bisa’ atau ‘mampu’. Ketika sobat menggunakan kata ini untuk mengungkapkan bahwa seseorang bisa atau mampu melakukan sesuatu, sobat mau mengatakan bahwa orang itu mempunyai kemampuan untuk melakukan itu, dan itu BUKANLAH sesuatu yang tak biasa, dan oleh karena itu tidak mengejutkan.

Mengapa tidak mengejutkan? Karena dalam kata ini juga tersirat makna bahwa orang itu mempunyai kemampuan/kekuatan yang setara dengan upaya yang dibutuhkan. Mari kita lihat contoh-contoh kalimat berikut ini:

Dalam konteks lain, kata ini juga mengisyaratkan kemampuan untuk melakukan sesuatu saat ini atau saat tertentu di waktu lampau, BUKAN potensi atau kemungkinan mampu melakukan sesuatu suatu saat nanti.

CAPABLE

Kata ini juga berarti ‘mampu’. Berbeda dengan kata sebelumnya, kata ini secara khusus mengisyaratkan POTENSI atau KEMUNGKINAN untuk melakukan sesuatu di masa mendatang. Dan jika sobat menggunakan kata ini untuk mengungkapkan bahwa seseorang mampu melakukan sesuatu, itu berarti bahwa biasanya orang itu tidak melakukan itu, tetapi dia punya potensi melakukan itu jika dia mau.

CATATAN PENTING: Untuk mudahnya begini. Kalau sobat ingin MEMBERI PENEKANAN pada aspek potensi/kemungkinan sesuatu terjadi atau seseorang melakukan sesuatu, gunakan capable. Di luar itu, silakan gunakan able.

Exit mobile version