Ini Dia Perbedaan Pokok Lone, Alone, dan Lonely

By | June 27, 2017

Sobat pembaca, kali ini kita akan bahas tiga ajektiva yang saling berkaitan: lone, alone, dan lonely. Masing-masing digunakan secara berbeda dan tidak bisa dipertukarkan. Lalu, apa sih bedanya? Mari kita bahas satu per satu.

LONE

Kata ini termasuk dalam kategori ajektiva atau kata sifat. Kamus online Merriam Webster mendefinisikan kata ini sebagai “having no company, standing, acting, or being alone” – tidak ada teman, sendirian, berdiri/bertindak sendiri. Sebagai kata sifat, kata ini diletakkan sebelum nomina yang dijelaskan.

Kalau sobat bertemu dengan pelancong yang sendirian, tanpa teman, sobat bisa menyebutnya lone traveler. Kalau sobat kebetulan melewati padang rumput dan melihat ada satu pohon berdiri sendirian, tidak ada yang lain, sobat bisa menyebutnya lone tree. Coba perhatikan kalimat-kalimat berikut:

  • I saw a lone big tree in the middle of the paddy field. – Saya melihat satu pohon besar sendirian di tengah-tengah sawah.
  • The lone traveler decided to stop and sat on that giant rock. – Pengelana yang sendirian itu memutuskan untuk berhenti dan duduk di atas batu besar itu.

ALONE

Kata ini juga berarti sendirian, tanpa teman. Menurut kamus online yang sama, kata ini bisa berfungsi sebagai ajektiva atau adverbia. Sebagai ajektiva, kata ini hanya bisa digunakan untuk menjelaskan subyek dari sebuah kalimat, dan TIDAK pernah diletakkan sebelum nomina. Maka, kata ini TIDAK bisa menggantikan kata lone dalam contoh-contoh kalimat di atas.

  • I saw an alone big tree (X).
  • The alone traveler decided to stop (X).

Sebagai ajektiva, kata ini hanya bisa berfungsi sebagai predicate adjective, yakni kata sifat yang menjelaskan subyek sebuah kalimat. Coba perhatikan kalimat-kalimat berikut:

  • She was alone in the cabin. – Dia sendirian di pondok itu.
  • The boss alone knows what happened. – Si bos sendiri yang tahu apa yang terjadi.

Sebagai adverbia, kata ini digunakan untuk menjelaskan verba dalam kalimat. Berikut adalah contoh pemakaiannya:

  • I believe she can do it alone. – Saya percaya dia bisa melakukannya sendirian.
  • I don’t like to sleep alone. – Saya tidak suka tidur sendirian.

LONELY

Kata ini secara umum berarti sedih karena sendirian, kesepian, atau sepi. Menurut kamus online yang sama, kata ini berfungsi sebagai ajektiva, dan lazimnya diletakkan sebelum nomina yang dijelaskan. Seorang anak yang kesepian karena sendirian (dan oleh karenanya merasa sedih, murung) bisa sobat sebut lonely child. Sebuah tempat yang sepi dalam pengertian jarang dikunjungi (bukan dalam pengertian tanpa suara atau sedikit suara) bisa disebut lonely place.

  • Budi was a lonely child with few friends. – Budi adalah anak yang kesepian dengan sedikit teman.
  • The family lived in a lonely spot in the woods. – Keluarga itu tinggal di tempat sepi (jarang dikunjungi orang) di dalam hutan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *