Site icon englishforsma.com

Ini Dia Perbedaan Look Like dan Look Alike

Sobat pembaca setia englishforsma.com, kali ini kita akan membahas dua frasa yang sangat mirip, dan oleh karena itu cukup membingungkan bagi sementara pembelajar bahasa Inggris. Dua frasa tersebut adalah look like dan look alike. Sangat mirip bukan?

Kedua frasa sebenarnya mempunyai makna yang sama, yakni mirip atau tampak seperti. Hanya pola kalimatnya saja yang berbeda. Mari kita bahas satu per satu.

LOOK LIKE

Frasa ini berarti mirip. Kamus online Merriam Webster menyebutkan bahwa frasa ini berarti “to have an appearance that is very similar to (someone or something)” – mempunyai tampilan fisik yang menyerupai seseorang atau sesuatu. Sobat bisa melihat bahwa frasa ini digunakan untuk membanding seseorang atau sesuatu dengan seseorang atau sesuatu yang lain. Coba perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

Kalau sobat perhatikan, kata like diikuti obyek yang sedang dibandingkan dengan subyeknya. Pola ini tidak akan dijumpai dalam kalimat menggunakan look alike.

LOOK ALIKE

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, kedua frasa yang kita bahas kali ini mempunyai makna yang sama. Untuk memudahkan pemahaman, kita akan menggunakan contoh satu dan dua dalam penjelasan di atas. Kalimat pertama di atas bisa juga diungkapkan menggunakan frasa ini dengan sedikit mengubah struktur kalimatnya.

Demikian juga dengan kalimat kedua:

Secara semantik tidak terlalu berbeda. Secara gramatikal, sobat hanya perlu memindahkan obyek ke depan dan dijadikan satu dengan subyeknya. Mudah-mudahan penjelasan sederhana ini membantu.

 

Exit mobile version