Ini Dia Perbedaan Look Like dan Look Alike

By | July 26, 2017

Sobat pembaca setia englishforsma.com, kali ini kita akan membahas dua frasa yang sangat mirip, dan oleh karena itu cukup membingungkan bagi sementara pembelajar bahasa Inggris. Dua frasa tersebut adalah look like dan look alike. Sangat mirip bukan?

Kedua frasa sebenarnya mempunyai makna yang sama, yakni mirip atau tampak seperti. Hanya pola kalimatnya saja yang berbeda. Mari kita bahas satu per satu.

LOOK LIKE

Frasa ini berarti mirip. Kamus online Merriam Webster menyebutkan bahwa frasa ini berarti “to have an appearance that is very similar to (someone or something)” – mempunyai tampilan fisik yang menyerupai seseorang atau sesuatu. Sobat bisa melihat bahwa frasa ini digunakan untuk membanding seseorang atau sesuatu dengan seseorang atau sesuatu yang lain. Coba perhatikan kalimat-kalimat berikut ini:

  • You look very much like your father. – Kamu sangat mirip dengan ayahmu.
  • Snow looks like powdered sugar. – Salju tampak seperti gula bubuk.
  • It may sound odd but you really look like somebody I know from childhood. – Mungkin terdengar aneh, tetapi kamu sangat mirip dengan seseorang yang kukenal dari masa kecilku.

Kalau sobat perhatikan, kata like diikuti obyek yang sedang dibandingkan dengan subyeknya. Pola ini tidak akan dijumpai dalam kalimat menggunakan look alike.

LOOK ALIKE

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, kedua frasa yang kita bahas kali ini mempunyai makna yang sama. Untuk memudahkan pemahaman, kita akan menggunakan contoh satu dan dua dalam penjelasan di atas. Kalimat pertama di atas bisa juga diungkapkan menggunakan frasa ini dengan sedikit mengubah struktur kalimatnya.

  • You look very much like your father = You and your father look very much alike.

Demikian juga dengan kalimat kedua:

  • Snow looks like powdered sugar = Snow and powdered sugar look alike

Secara semantik tidak terlalu berbeda. Secara gramatikal, sobat hanya perlu memindahkan obyek ke depan dan dijadikan satu dengan subyeknya. Mudah-mudahan penjelasan sederhana ini membantu.

 

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

2 thoughts on “Ini Dia Perbedaan Look Like dan Look Alike

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *