Ini Dia Perbedaan Dinner & Supper

By | June 3, 2017

Sobat pembaca pasti pernah bertanya-tanya, apa sebenarnya perbedaan antara dinner dan supper? Dua kata ini sedikit membingungkan. Tergantung daerahnya, kedua kata ini bisa dianggap semakna dan bisa dipertukarkan, atau diperlakukan sebagai dua kata yang berbeda makna. Mari kita bahas satu per satu.

DINNER

Di banyak tempat di dunia, terutama di daerah-daerah tempat American English mempunyai pengaruh kuat, kata ini selalu merujuk pada makan malam (antara pukul 18.00 – 20.00), sebagai makan terakhir di hari itu. Sobat pun kiranya juga selalu mengaitkan kata ini dengan makan malam. Tentu tidak salah. Di banyak wilayah di Amerika Serikat, kata ini merujuk pada makan malam. Dan dalam hal ini, kata ini bisa dipertukarkan dengan kata supper, meskipun kata ini jarang digunakan.

Tetapi, tidak semua tempat berbahasa Inggris mengasosiasikan kata ini dengan makan malam. Di sebagian wilayah Amerika Serikat bagian selatan, misalnya Kansas, – meskipun sudah mulai jarang terdengar – kata ini masih dipakai, terutama oleh generasi tua, untuk menyebut makan utama (besar) di siang hari. Lho kok bisa?

Begini. Sebenarnya kata dinner pertama-tama TIDAK terkait waktu kapan disantap. Kata ini awalnya digunakan untuk menyebut makan utama (porsi besar). Nah, porsi besar ini bisa dimakan pada siang atau malam hari, tergantung daerahnya. Kebetulan, di wilayah Amerika Serikat bagian Selatan (yang sering disebut the South) banyak penduduknya mengelola pertanian, sehingga makan utamanya di siang hari, karena mereka membutuhkan banyak energi di siang hari. Itulah sebabnya, makan siang mereka sebut dinner. Nah, sekarang ini di wilayah ini, kata lunch lebih lazim digunakan sebagai akibat perpindahan penduduk dari wilayah lain ke wilayah selatan.

Di Canada lain lagi. Kata ini juga dipakai untuk menyebut makan di waktu malam dengan konotasi berbeda. Di Ontario, misalnya, kata ini selalu dikaitkan dengan makan malam di luar rumah (entah di rumah orang lain karena sobat diundang, atau di restoran) yang biasanya lebih ‘mewah’ dan spesial. Sementara makan malam di rumah yang disiapkan sendiri biasa disebut supper.

SUPPER

Sama seperti kata sebelumnya, kata ini juga ditafsirkan secara berbeda. Sebagaimana disebut di atas, kata ini oleh sementara penutur asli American English diperlakukan sama dengan dinner, dan oleh karena itu bisa dipertukarkan, meskipun sangat jarang dipakai. Tetapi, bagi penduduk New England dekat Boston, Amerika Serikat, kata supper lebih lazim digunakan untuk menyebut makan malam sehari-hari, dan kata dinner untuk menyebut makan malam khusus, istimewa, dan terkesan mewah, entah dilakukan di restoran atau kesempatan khusus.

Bagi sebagian yang lain, kata ini juga merujuk pada makan di waktu malam (sedikit larut) dan biasanya ringan. Tetapi, ada juga yang menggunakannya dengan makna yang sama sekali berbeda. Di Ottawa Canada, misalnya, kata ini justru digunakan untuk menyebut makan yang biasa disantap sekitar pukul 16.00 – 18.00 SEBELUM dinner yang biasanya disantap antara pukul 18.00 – 21.00.

Sobat bisa melihat salah satu contoh inkonsistensi dalam bahasa Inggris.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *