Ini Dia Perbedaan Differentiate vs Distinguish

By | May 4, 2017

Sobat pembaca sekalian. Pokok bahasan kita kali ini adalah dua kata kerja yang dalam bahasa Indonesia sering diartikan ‘membedakan’, yakni differentiate dan distinguish. Bedanya apa sih? Sebenarnya keduanya mempunyai makna dasar yang sama, dengan sedikit perbedaan dalam hal konotasi. Dan seandainya sobat sedikit bingung mau menggunakan yang mana, baik kalau sobat gunakan kata differentiate, karena kata ini mempunyai makna lebih umum.  Mari kita bahas satu per satu.

DIFFERENTIATE

Kamus online Cambridge Dictionary menyebutkan bahwa kata ini bisa berfungsi sebagai verba intransitif (tak diikuti obyek) atau transitif (diikuti obyek). Kata ini, menurut kamus tersebut, berarti “to show or find the difference between things that are compared” – menunjukkan atau menemukan perbedaan antara hal-hal yang dibandingkan. Secara sederhana, kata ini berarti membedakan antara sesuatu/seseorang dengan sesuatu/seseorang yang lain. Kadang-kadang juga berarti membeda-bedakan. Perhatikan kalimat-kalimat contoh berikut:

  • It is almost impossible to differentiate between the twin sisters. – Hampir tidak mungkin membedakan saudara kembar itu.
  • The mole on her right cheek differentiates Tammy from her twin sister. – Tahi lalat di pipi kanannya membedakan Tammy dari saudara kembarnya.
  • Here at this school we do not differentiate between students on the basis of their religion or race. – Di sekolah ini kami tidak membeda-bedakan murid-murid berdasarkan agama atau ras.

Verba ini berasal dari ajektiva different, yang berarti berbeda. Seperti halnya makna ajektivanya, kata kerja ini juga hanya sekedar menunjukkan bahwa sesuatu itu tidak sama dengan yang lain, tetapi perbedaan yang dimaksud bukanlah perbedaan yang unik dan khas, dan tidak segera bisa dikenali dengan mudah.

Ketika sobat mengatakan,”Could you differentiate this table from that one?“, sobat sedang meminta seseorang untuk membuat daftar perbedaan antara satu meja dengan meja yang satu, apapun itu, dan sobat tidak sedang memintanya untuk menunjukkan perbedaan unik dan khas di antara keduanya.

Demikian juga ketika sobat mengatakan,”I can’t differentiate the two tables“, itu berarti meja-meja yang sedang sobat bicarakan tidak mempunyai sesuatu yang unik atau khas yang dengan itu sobat bisa dengan segera menunjukkan perbedaa keduanya.

DISTINGUISH

Kata ini juga berarti ‘membedakan’. Sebenarnya, kata ini mempunyai konotasi sedikit berbeda dengan differentiate. Sobat akan menggunakan kata ini ketika sobat ingin menunjukkan perbedaan unik dan segera bisa dikenali antara hal-hal yang sedang dibandingkan.

Jadi, kalau sobat mengatakan,”Can you distinguish this brand and the other one?“, sobat sedang meminta seseorang untuk menunjukkan hal-hal unik dan khas suatu merek yang membedakannya dengan merek satunya.

Tetapi, dalam keseharian, konotasi makna ini tak begitu tampak ketika kata ini digunakan sebagai verba sebagaimana kata differentiate digunakan dalam contoh-contoh di atas. Oleh karena itu, kata ini bisa menggantikan kata differentiate dalam contoh-contoh kalimat di atas.

Perbedaan makna antara differentiate dan distinguish akan tampak lebih jelas ketika kata ini digunakan dalam kalimat sebagai present participle diakhiri -ing. Coba perhatikan contoh-contoh berikut:

  • What are the distinguishing features of this brand? – Apa fitur (unik dan khas) merek ini (yang membedakannya dengan merek lain?
  • Does he have any distinguishing marks? – Apakah dia memiliki tanda-tanda khas (yang membedakannya dari yang lain)?

Semoga membantu.

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *