In the Night vs At Night: Apa Ya bedanya?

By | September 28, 2022

Sobat pembaca setia, topik bahasan kali ini adalah dua frasa yang sering kali membingungkan bagi sementara pembelajar bahasa Inggris, yaitu in the night dan at night. Dua frasa ini tidaklah sama artinya. Dua frasa ini sama sekali berbeda dalam hal makna. Apa ya bedanya? Mari kita bahas masing-masing frasa.

IN THE NIGHT

Frasa in the night berarti di malam itu. Perhatikan artikel the yang dipakai dalam frasa ini. Artikel the biasa digunakan untuk merujuk pada benda atau kata tertentu yang sudah diketahui baik oleh pembicara maupun pendengar. Artinya, ketika pembicara mengatakan in the night, pendengar memahami, berdasarkan konteks pembicaraan, bahwa pembicara sedang merujuk pada suatu malam tertentu. Perhatikan contoh berikut:

  • I came home late. It was  already 11.00pm when I got home. I unlocked the door, and as I was about to step in I heard a strange noise in the night. I shivered. – Saya pulang terlambat. Waktu sudah menunjukkan pukul 11.00 malam saat saya tiba di rumah. Saya buka kunci pintu, dan ketika saya hendak melangkah masuk, saya mendengar suara aneh malam itu. *Malam itu dalam kalimat ini merujuk pada malam ketika pembicara pulang.
  • The man was found dead in the night. – Lelaki itu ditemukan tewas di malam itu.
  • It was raining outside. So, I decided to stay at home in the night. – Waktu itu sedang hujan. Oleh sebab itu saya memutuskan untuk tinggal di rumah malam itu.

Oleh karena itu, frasa in the night lazim digunakan untuk menceritakan kejadian yang terjadi di waktu lampau, dan dipakai dengan simple past tense.

AT NIGHT

Bagaimana dengan at night? Frasa ini digunakan untuk merujuk pada malam secara umum, dan tidak merujuk pada malam tertentu. Secara sederhana, silakan sobat gunakan frasa ini ketika sobat bercerita tentang peristiwa yang terjadi (hampir) setiap malam sebagai suatu kebiasaan. Perhatikan contoh berikut ini:

  • Owls don’t sleep at night. – Burung hantu tidak tidur di waktu malam (BUKAN malam itu). Jelas dalam kalimat tersebut at night merujuk pada malam secara umum.
  • Robbery often happens at night. – Perampokan sering kali terjadi di waktu malam. Frasa at night merujuk pada malam secara umum. BUKAN malam tertentu atau malam itu.
  • I sometimes jog at night. – Saya kadang-kadang berlari-lari di malam hari.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

14 − three =