Important, Essential, Crucial, Vital: Apa Sih Bedanya?

By | May 31, 2017

Salam jumpa lagi sobat semua. Kali ini kita akan bahas empat kata sifat dalam bahasa Inggris yang saling berkaitan dan sering diartikan ‘penting’ dalam bahasa Indonesia: important, essential, crucial, dan vital. Meski keempatnya mempunyai kedekatan makna, masing-masing kata tersebut mempunyai konotasi makna yang berbeda. Di samping itu, ada urutan tingkat kepentingan yang membedakan keempat kata itu: important-essential-crucial-vital. Mari kita bahas satu per satu.

IMPORTANT

Kata ini diartikan ‘penting’ dalam bahasa Indonesia. Menurut kamus online Merriam Webster sesuatu disebut penting ketika sesuatu itu mempunyai makna/arti, nilai, atau dampak. Keluarga, misalnya, pastilah bernilai, berharga bagi setiap orang, dan barangkali salah satu dari hal paling penting dalam hidup. Jadi, family is one of the most important things in life.

Pendidikan itu juga ‘penting’ karena berharga, bermakna, dan jelas mempunyai dampak terhadap masyarakat. Jadi, education is important. Demikian juga kesehatan, cinta, sikap disiplin, dan banyak hal penting lain. Dibandingkan dengan tiga kata lainnya, kata ini berada di tingkatan paling rendah dalam gradasi tingkat kepentingan.

Sebagai catatan, kata ini juga bisa diterapkan untuk mendeskripsikan orang. Ketika dipakai untuk mendeskripsikan orang, kata ini merujuk pada orang yang punya pangkat atau kedudukan, dan tentunya berpengaruh. Tiga kata lain TIDAK bisa digunakan untuk mendeskripsikan orang. .

ESSENTIAL

Kata ini juga diartikan ‘penting’. Tetapi, berbeda dengan kata sebelumnya, kata ini mempunyai konotasi lain. Sesuatu dianggap essential ketika sesuatu itu ‘mendasar’ dan ‘diperlukan’. Dari sekian banyak hal penting (dalam pengertian important) ada beberapa yang dilihat sangat penting, jauh lebih penting dari yang lain karena hal-hal itu mendasar dan diperlukan. Itulah yang disebut essential. Jadi, ada semacam gradasi. Essential itu satu tingkat di atas important.

Misalnya, dari sekian banyak materi bahasa Inggris yang harus diajarkan di kelas X, seorang guru harus menyeleksi materi-materi yang menurutnya mendasar dan sangat penting. Dengan kata lain, guru harus memilih dan mengajarkan hal-hal yang essential saja.

  • You don’t need to teach everything. You just teach the things that you believe are essential. – Kamu tidak perlu mengajarkan semuanya. Ajarkan hal-hal yang kamu yakini sangat penting.
  • It is essential that you understand the basic grammar of the language that you’re learning. – Sangat penting bahwa kamu memahami tata bahasa dasar dari bahasa yang kamu pelajari.

CRUCIAL

Kata ini juga berarti penting. Sesuatu dipandang crucial jika sesuatu itu amat sangat penting, melebihi essential. Lebih dari itu ada nuansa makna yang tidak dimiliki tiga kata lainnya, yakni decisive. Maksudnya, sesuatu dikatakan crucial ketika sesuatu itu MENENTUKAN hasil atau keberhasilan.

Misalnya, di masa-masa ujian semester, belajar itu tidak sekedar important, tetapi crucial karena belajar itu menentukan keberhasilan ujian yang sobat hadapi. Begitu juga dengan promosi yang menentukan keberhasilan pemasaran atau penjualan.

  • Promotion is crucial to selling. – Promosi itu sangat penting (menentukan) bagi penjualan.
  • Studying hard is crucial to successful study in higher education. – Belajar keras sangat penting (menentukan) bagi keberhaslan studi di pendidikan tinggi.

VITAL

Kata ini sering diartikan sangat penting. Sesuatu dipandang sangat penting ketika ia mendukung kehidupan ATAU ia sangat penting bagi keberlangsungan atau keberadaan sesuatu yang lain. Udara, misalnya, itu sangat penting dalam pengertian ini. Udara mendukung kehidupan, dan ia sangat penting bagi keberlangsungan kehidupan. Hutan kiranya juga bisa disebut vital, karena hutan mendukung keberadaan atau keberlangsungan hidup.

Apakah udara dan hutan bisa dideskripsikan dengan dua kata sebelumnya? Tentu bisa. Yang penting adalah sobat memahami nuansa makna dan gradasi tingkat kepentingan yang terkandung dalam masing-masing kata.

  • Knowledge, like air, is vital to life. – Pengetahuan, seperti halnya udara, sangat penting (mendukung keberadaan) bagi kehidupan.
  • A good night’s sleep is vital to a healthier life. – Tidur malam yang nyenyak sangat penting (mendukung keberadaan) bagi kehidupan yang lebih sehat.
  • Forest is vital to the quality of life. – Hutan itu sangat penting (mendukung eksistensi) bagi kualitas hidup.

Semoga membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *