I Believe That vs I Trust That

By | June 29, 2018

Sobat pembaca, kali ini kita akan bahas dua ungkapan dalam bahasa Inggris yang sekilas mirip, tetapi mempunyai makna berbeda: I believe that dan I trust that. Tentu kedua ungkapan ini terkait erat dengan kata believe dan trust. Dua kata kerja tersebut sudah pernah dibahas sebelumnya. Silakan sobat melihat kembali artikel mengenai dua verba tersebut di link ini.

I BELIEVE THAT

Ungkapan ini digunakan dalam pola seperti ini: I believe that + clause. Dalam bahasa Indonesia diartikan ‘Saya percaya bahwa …’ Dalam percakapan, kadang-kadang kata that dihilangkan. Kalau sobat mengatakan ‘I believe that ….‘ sobat yakin bahwa sesuatu benar. Coba sobat perhatikan contoh-contoh kalimat berikut ini:

  • I believe (that) the Earth is round. – Saya yakin/percaya bahwa bumi itu bulat. Artinya, bahwa bumi itu bulat adalah sesuatu yang sobat yakini benar.
  • I believe (that) everything happens for a reason. – Saya yakin/percaya bahwa segala sesuatu terjadi karena sebuah alasan. Artinya, bahwa segala sesuatu itu terjadi karena sebuah alasan tertentu adalah sesuatu yang sobat yakini benar.
  • I believe (that) God exists. – Saya yakin/percaya bahwa Tuhan ada. Artinya, bahwa Tuhan itu ada adalah sesuatu yang sobat yakin benar.

I TRUST THAT

Bagaimana dengan ungkapan ini? Apakah kata believe dalam contoh-contoh kalimat di atas bisa diganti dengan kata trust? Jawabannya, tidak. Sebab, ungkapan I trust that … mempunyai makna berbeda. Memang kata trust diartikan ‘percaya’ dalam bahasa Indonesia. Tetapi, ungkapan tersebut tidak bisa diartikan ‘Saya yakin/percaya bahwa …’

Kalau sobat mengatakan I trust that …, itu berarti bahwa sobat berharap sesuatu itu benar. Kamus online Longman Dictionary menyebutkan bahwa ungkapan tersebut berarti “You hope something is true – Anda berharap bahwa sesuatu benar.” Tetapi perlu sobat pahami bahwa ungkapan tersebut dipakai dalam percakapan formal.

  • I trust that she will be a good wife. – Saya berharap dia akan menjadi istri yang baik.
  • I trust that you find this reasonable. – Saya berharap Anda melihat hal ini sebagai sesuatu yang masuk akal.
  • I trust that everything is in order. – Saya berharap segala sesuatunya beres.

Semoga membantu.

 

 

Author: Admin

Hi, I am Widi. I am an English teacher, blogger, translator, workshop facilitator, writing addict, and photography enthusiast, living in Yogyakarta. I teach, I write, therefore I am.

2 thoughts on “I Believe That vs I Trust That

  1. Gagat Taryono

    Pak Widi, andaikata waktu aku SMA dijelaskan macam ini dan aku bisa berpikir seperti sekarang ini, pelajaran Bahasa Inggris jadinya mudah Ya……… terus pak posting yang lain biar aku tambah pinter. Matur Thank you buat Pak Guru

    Reply
    1. Admin Post author

      Mister Gagat Taryono … heheh ..makasih yak sudah mampir di blog sederhana ini … I appreciate it ….. postingan yang sejenis banyak kok di blog ini Mister … klik EASILY CONFUSED WORDS .. nanti keluar semua … Salam buat keluarga yak ..

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *