I Asked Him If He Could Pull Some Strings

By | March 16, 2021

Ada satu idiom menarik yang saya dapatkan dari kanal podcast American English, yaitu pull some strings. Secara harafiah, ungkapan ini berarti menarik beberapa utas senar. Tentu saja, arti sebenarnya bukan itu. Idiom selalu mempunyai makna figuratif. Makna sebenarnya adalah menggunakan koneksi atau pengaruh untuk mendapatkan yang diinginkan. Secara sederhana, kalau sobat mempunyai kenalan orang penting atau sobat sendiri punya posisi atau jabatan penting dan berpengaruh, misalnya, sobat bisa menggunakan semua itu untuk mendapatkan yang sobat inginkan.

Ini idiom yang sudah cukup tua. Diketahui pertama kali digunakan tahun 1800 an ketika boneka Marionette sangat populer dan digemari sebagai salah satu bentuk seni yang dipentaskan. Boneka Marionette adalah jenis boneka yang dimainkan dengan cara memanipulasi/menarik,-narik dan menggerakkan senar (string) yang disematkan pada beberapa bagian tubuh boneka. Seorang pemain boneka Marionette biasanya mengendalikan lebih dari satu boneka. Artinya dia harus mengendalikan beberapa utas senar sekaligus.

Nah, idiom pull some strings berkaitan dengan jenis boneka ini. Untuk memahami maknanya, bayangkan sobat menjadi ‘dalangnya’ atau pemain bonekanya. Bayangkan sobat sedang memainkan boneka Marionette dari atas. Sobat menarik-narik senar-senar pada beberapa boneka yang Anda kendalikan supaya bergerak sesuai keinginan sobat sebagai dalang. Sobat menggunakan kekuatan tangan sobat untuk menggerakkan boneka-boneka tersebut supaya mereka bergerak menuruti keinginan sobat.

Utas-utas senar yang tersemat di beberapa titik tubuh boneka itu bisa diibaratkan sebagai koneksi atau pengaruh yang bisa sobat pakai untuk mendapatkan keingingan sobat. Jadi kalau Anda sedang menarik utas-utas senar pada boneka itu, sobat sedang menggunakan kekuatan pengaruh yang Anda miliki untuk mendapatkan yang Anda inginkan.

Contoh situasinya begini. Anda kehabisan tiket sebuah konser musik yang ingin Anda tonton. Anda tahu persis kakak Anda kenal dekat dengan promotor yang mendatangkan grup musik yang akan pentas malam nanti. Anda mengontak kakak Anda ini supaya dia menggunakan koneksinya supaya Anda dapat masuk dan nonton gratis.

  • My brother knows the music promoter, so I asked him if he could pull some strings and get me a free pass to the concert. – Kakak saya kenal dengan promotor musiknya, maka saya tanya ke dia apakah dia bisa menggunakan koneksinya dan mendapatkan satu tiket masuk gratis ke konser itu.
  • A: I’m wondering how he could get that job. B: Well, he has friends in high places. Maybe they pulled some strings for him. – A: Saya heran bagaimana dia bisa mendapatkan pekerjaan itu. B: Ya, dia punya kenalan di posisi-posisi tinggi. Mungkin mereka menggunakan pengaruh mereka untuk menolong dia (mendapatkan pekerjaan itu).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Warning: Illegal string offset 'subject' in /home/englishf/public_html/wp-content/plugins/spamlord/spamlord.php on line 86